10 Fakta Unik menara Galata Turki


menara galata Istanbul Turki
Menara Galata (Galata Kulesi) merupakan salah satu ikon kota Istnabul yang bisa dikatakan sangat eksotis. Menara ini terletak di distrik Galata, Beyoglu Istanbul Turki. Menara batu yang di bangun pada abad pertengahan ini sungguh sangat mempesona karena posisinya yang strategis yang terletak di bagian utara tanduk emas (Golden Horn).
Sebagai salah satu landmark kota Istanbul yang memukau, Menara ini juga tempat para pengunjung bisa menikmati keindahan kota-kota Istanbul abad pertengahan sambil menyeruput Teh Turki (Turk Cay) dan hidangan khas ala turki lainnya seperti kebab, doner, lahmajun, dan lain sebagainya. Dari atap menara ini juga kita sangat leluasa memandang ke indahan penjuru kota Istanbul, selain bangunan-bangunan abad pertengahan dari atas menara ini juga kita bisa melihat dengan jelas mesjid-mesjid bersejarah peninggalan kekhalifahan Turki usmani dengan ciri khas menara-menaranya yang tinggi dan berbentuk kerucut.
Jika dilihat dari sejarahnya, sebelum pembebasan kota konstantinopel oleh Sultan Muhammad Al-fatih pada tahun 1453 Masehi. Menara galata adalah milik koloni Genoa yang di bangun pada tahun 1348 sebagai menara pengawas pertahanan kota. Dan lokasi menara ini merupakan puncak dari benteng yang mengelilingi benteng-benteng koloni tersebut. Sampai pada tahun 1717 masehi, Kekhalifahan Usmaniyyah menggunakan menara ini sebagai menara pengawas pertahanan kota Istanbul, namun setelah itu dialih fungsikan menjadi pusat pemantauan kebakaran di pusat kota.
Nah setelah kita membaca sejarah singkat menara galata ada 10 fakta unik yang akan membuat para penbaca sekalian berdecak kagum. Pada penasaran kan? 

1.      Fakta Unik pertama adalah, menara galata ini menjadi saksi bisu bahwa dari atas pundaknya seorang ilmuan besar kekhalifahan usmani yang bernama hazerfen Ahmet Celebi yang terbang mengangkasa dengan sayap burung buatannya. Ya kejadian ini tercatat pada tahun 1632 Masehi bertepatan pada pemerintahan sultan Murad IV. Dengan memanfaatkan kekuatan angin Lodos iapun terbang dari menara galata melewati selat marmara  sepanjang 3358 Meter dan mendarat dengan sukses  di wilayah Uskudar wilayah Istanbul bagian Asia . sejarah penerbangan ini juga di catat oleh Sejarawan terkemuka usmani Avlia Celebi di dalam magnum opusnya yang terkenal Siyahatname.
Ketika membaca sejarah diatas tentu kita semua terkejut sekaligus kagum, karena sudah lama terbenam di dalam benak kita bahwa yang merintis dunia penerbangan adalah Right bersaudara yang berhasil menerbangkan pesawat rancangannya pada tahun 1903 Masehi. Padahal umat Islam 3 abad sebelum Wright bersaudara telah telah merintis dengan sukses dunia penerbangan. Bahkan sebelum Hazerfen Ahmet Celebi membuat percobaan di dunia penerbangan jauh sebelumnya banyak percobaan yang telah dilakukan ilmuan muslim seperti Muhammad Alzauhari dengan sayap kayunya melakukan percobaan terbang  dari atas mesjid Naysabur. Kemudian Abbas bin Firnas dari andalusia yang melakukan percobaan terbang dari menara mesjid andalusia dan ia pun berhasil terbang dengan sayap rakitannya.

2Fakta unik kedua adalah menara galata merupakan menara paling tua di dunia. Menara ini didirikan oleh kaisar romawi Anastasius pada tahun 528 Masehi dan diberi nama menara penerang ( Fener Kulesi).

3.Fakta unik yang ketiga adalah pada masa Sultan Murat III. Dengan izin beliau  seykh Takiyyudin mendirikan pusat observatorium di menara galata namun pada tahun 1579 pusat observatorium ini di tutup.

Fakta unik yang ke empat 
 Pada masa pemerintahan Sultan Selim III. Terjadi kebakaran hebat yang menghancurkan hampir seluruh menara Galata tersebut. Kemudian kebakaran demi kebakaran senantiasa terjadi. Pada tahun 1965 di mulai perbaikan dan selesai pada tahun 1967 sampai sekarang menara galata masih terjaga.

5.      Fakta unik yang ke lima 
  adalah Pada tanggal 6 juni 1973 anak penyair terkenal turki Umit yasar oguzcan yang berusia 15 tahun bunuh diri sambil melompat dari atas menara galata

6.      Fakta unik yang ke enam 
  adalah pada tahun 2013 menara galata terdaftar menjadi warisan budaya dunia yang di lindungi oleh UNESCO.

7.      Fakta unik yang ke tujuh 
 adalah di ruang paling atas menara terdapat restouran-restoran yang menghidangkan makanan khas ala turki. Jadi selain pengunjung di suguhi dengan pemandangan kota Istanbul yang sangat indah juga di temani oleh hidangan-hidangan khas turki yang sangat luar biasa.

8.      Fakta yang ke delapan 
 adalah pada tahun 1818 dari puncak menara galata seorang pelukis asal perancis yang bernama Pierre Prevost menggambar horizon Istanbul dan menamainya “ Panorama de Constantinopole” yang kemudian di pamerkan di Paris tahun 1825.

9.      Fakta unik yang ke sembilan 
 adalah dari atas menara galata pengunjung dapat melihat langsung tiga mesjid besar peninggalan kekhalifahan usmaniyyah antara lain Yeni Cami ( mesjid baru) sulayman Cami, dan Masjid Sultan Mehmet (blue Mosque).

10.  Fakta unik yang ke sepuluh 
  adalah, menara galata ini di jadikan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab msebagai tempat orang bunuh diri dimana pada tahun 1876 seorang berkebangsaan Austria dengan bermaksud mencari perhatian lompat dari atas menara galata.

Semoga dengan tulisan ini bisa membangkitkan semangat kita dalam mengkaji ulang ilmu pengetahuan dalam bingkai iman dan Islam dan menambah wawasan pengetahuan kita.
Saran bagi sahabat-sahabat yang ingin berkelana keluar negri, Kota Istanbul merupakan salah satu destinasi yang tepat untuk dijadikan tempat kunjungan. Karena disetiap sudut-sudut kota Istanbul kita akan menemukan tempat-tempat wisata sejarah yang mengagumkan dari peninggalan kerajaan Romawi maupun turki Usmani.

Sumber : dari berbagai blog di Internet


0 Response to " 10 Fakta Unik menara Galata Turki "