10 fakta unik kiat sukses Kuliah dan organisasi

(Ilustri Kuliah dan orgniasai, Sumber Aktifmenulis.blogspot.com)

Sebelum kita membahas tentang fakta-fakta unik kiat sukses kuliah dan organisasi. Disini kita akan sedikit membahas tentang defenisi Kuliah dan organisasi tersebut terlebih dahulu. Wah-wah sahabat blogger pada penasaran kan? Pasti dong!!
Menurut Sun Education kuliah adalah proses pembelajaran tingkat lanjut di mana seseorang telah menentukan pilihan jurusan yang di sukainya. Biasanya dalam pemilihan jurusan dilakukan berbagai pertimbangan, salah satunya bakat. Untuk memulai kuliah, terkadang  pengorbanannya juga  tidak sedikit. Mulai dari menghabiskan banyak waktu, biaya, tenaga dan lain-lainnya. Juga pada umumnya kuliah adalah  keinginan seseorang untuk menuntut ilmu dan memperdalam ilmunya sesuai dengan keahlian yang dimiliki. Biasanya dimulai dari selesai SMA kemudian melanjutkan jenjang pendidikan Strata satu di perguruan tinggi maupun dari strata satu  menuju Master dan seterusnya. Tujuan dari kuliah tidak lain adalah agar pola pikir kita dapat tersistemisasi membentuk alur  dan pola fikir yang lebih teratur dan berfikir serta menyelesaikan sebuah problematika sosial dan lingkungan dengan menggunakan pertimbangan rasional dan study empiris.
Dalam kehidupan kampus, kita dituntut untuk mandiri. Jauh dari orang tua, masak dan menyuci sendiri serta belajar mengelola kehidupan sendiri. Hal ini merupakan bagian-bagian yang wajib dirasakan dan dialami oleh mahasiswa perantauan.
Kehidupan kampus juga mengajarkan bagaimana kita harus mengkompromikan antara keinginan pribadi dengan keinginan orang-orang yang ada disekeliling kita.  Ini juga merupakan sebuah bentuk karakter dasar manusia sebagai homo socialicus. Dimana manusia tidak bisa hidup tanpa bantuan manusia lainya.
Perlu kita ketahui bersama sebagai mahasiswa selain dituntut untuk menuntut ilmu di perkuliahan juga dituntut untuk mampu mengembangkat potensi diri yang biasanya sudah tersedia di unit kegiatan mahasiswa sesuai dengan minat dan bakat yang ada pada diri mereka. Apakah itu kegiatan organisasi di bidang penelitian dan penalaran, bidang keagamaan atau rohis mahasiswa maupun dibidang-bidang strategis lainnya seperti Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM).
Pada titik tertentu banyak juga mahasiswa, karena sudah terlalu fokus dengan organisasi malah lupa dengan tujuan awalnya yaitu menuntut ilmu. Sampai pada sebuah anekdot populer dikalangan mahasiswa yang berbunyi “jangan sampai kuliah  mengganggu organisasi kita teman”. Ada juga mahasiswa yang terlalu fokus kuliah sehingga lupa dalam mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya dan biasanya mahasiswa-mahasiswa seperti ini juga dijuluki sebagai mahasiswa kupu-kupu (kuliah-pulang, kuliah pulang). Karena ketika terjun di dunia nyata nanti, yaitu dunia pengabdian masyarakat penguasaan teori saja juga belum cukup. Kita juga dituntut untuk mahir bagaimana menguasasi seni berkomunikasi dengan masyarakat sekitar.
Dari problematika diatas perlu kiranya kita mengkombinasikan antara kegiatan kuliah dan organisasi agar ilmu yang kita peroleh dan potensi dasar dalam diri kita dapat kita kembangkan se optimal mungkin. Bagi adik-adik mahasiswa baru berikut kitat-kiata sukses kuliah dan organisasi menurut 10 fakta unik.com :
Manajemen Waktu
Tidak dipungkiri lagi mahasiswa yang sukses dalam kuliah dan organisasi adalah mereka-merak yang mampu mengalokasikan waktunya mana untuk fokus kuliah dan mana untuk kegiatan organisasi dan lain-lainnya. Karena tujuan utama di kampus adalah kuliah menuntut ilmu sedangkan organisasi berfungsi mengembangkat bakat dan ilmu kita agar dapat kita transformasikan dan dapat di komunikasikan kepada masyarakat.

Menyusun Skala Prioritas
Bagi mahasiswa menyusun skala prioritas itu sangat penting. Contohnya dalam suatu agenda kita perlu buat prioritas mana yang harus kita laksanakan contohnya ketika ada waktu pelajaran yang berbenturan dengan aktivitas organisasi maka seharusnya dan wajib bagi kita untuk mengutamakan program kuliah. Ada beberapa indikator atau skala yang perlu kita perhatikan yang pertama adalah a) Penting dan mendesak, di mana ketika dihadapkan dengan kuliah dan organisasi, kita sewajibnya memilih kuliah. Dan menomor duakan kegiatan organisasi. b) skala yang kedua Penting tapi tidak mendesak. c) sekala ketiga tidak penting dan yang terakhir d) tidak penting dan tidak mendesak. dari ke empat skala ini kita harus jeli dalam pelaksaannya.

Menyusun program jangka panjang
Kalau teman-teman organisator sudah hafal betul tentang rencana jangka panjang ataupub biasa disebut dengan visi sebuah aktivitas dimasa yang akan datang. Visi ini adalah bagaimana kita merancang tentang aktivitas-aktivitas baik individu maupun secara kelompok dalam kaitannya dengan rencana masa depan. Biasanya seseorang yang memiliki visi masa depan yang jelas maka hidup dan tindakannya lebih terarah dan memiliki alur aktivitas yang baik. Mulailah kita membangun visi hidup kita untuk satu sampai empat tahun ke depan. Dan kita rasakan sensasinya.

Sinergi antara Dosen dan Mahasiswa
Imam syafi’i mengatakan salah satu cara untuk mendapatkan ilmu yang berkah adalah bersahabat dengan guru. Sebagai mahasiswa perlu kita garis bawahi bahwa bersahabat dengan dosen adalah dimana kita bisa menerima dengan senang hati setiap pelajaran-pelajaran yang disampaikan oleh mereka. Dan kalau ada sesuatu yang tidak jelas maka kita bisa menyampaikan dengan halus tentang suatu  perbedaan menurut sudut pandang yang ada. Sehingga pada akhirnya ketika dosen senang dengan anak didikannya tentu sangat mudah bagi kita dalam menyerap ilmu-ilmu yang mereka ajarkan. Point ini adalah rekomendasi yang sangat jitu bagi teman-teman mahasiswa.

Giat dalam menuntut ilmu
Tentu dengan menghadiri kuliah tanpa giat menuntut ilmu juga merupakan hal yang biasa-biasa saja. Giat menuntut ilmu adalah salah satu cara dalam mendapatkan keberkahan ilmu tersebut begitulah imam syafii berpesan. Oleh karenanya sebagai mahasiswa disamping organisasi juga dituntut untuk fokus an giat dalam menuntut ilmu sesuai dengan bidangnya.

bermusyawarah dengan orang tua
agar kita mendapatkan keberkahan ilmu dan keberkahan aktivitas. Disela-sela waktu luang, kita menelpon orang tua dan menyakan kabar serta menayakan pendapat mereka tentang aktivitas yang sedang atau akan kita laksanakan. Dengan begitu keberkahan aktivitas juga insya Allah akan kita dapatkan.

Beasiswa
Beasiswa adalah salah faktor penunjang bagaimana mahasiswa dapat terbantu baik secara materi maupun motivasi lainnya untuk tetap semangat dalam mengarungi bahtera perkuliahan,sekarang ini banyak sekali penawaran beasiswa yang diberikan oleh pemerintah maupun pihak swasta lainnya untuk itu rekomendasi kepada teman-teman untuk mendaftar program-program beasiswa yang ada.

Lingkungan pergaulan yang baik
Lingkungan sangat mempengaruhi alur dan kisah hidup yang akan dilalui oleh seorang mahasiswa di masa yang akan datang. Oleh karenanya lingkungan yang baik adalah solusi yang tepat bagi mahasiswa untuk melejitkan prestasi akademis dan organisasinya.

Fokuskan pada satu organisasi
Tentu dengan energi yang masih besar dan semangat yang masih tinggi serta fisik yang masih fit. Sangat mendukung mahasiswa untuk ikut berbagai organisasi yang ada di kampus maupun di luar kampus. Namun sesuai dengan skala prioritas yang kita sampaikan di atas dapat kita simpulkan pilihlah satu organisasi yang sangat mendukung pengembangan diri kita dan teman-teman di sekitar kita serta mendukung karier kita dimasa yang akan datang.

Meningkatkan ibadah kepada Allah Swt.
Adalah sebuah  kewajiban kita sebagai muslim dan sebagai manusia untuk terus meningkatkan rasa syukur kita kepada Allah Swt. Dengan ibadah yang berkesinambungan dan meningkatkan kembali aktivitas-aktivitas ibadah yang lain insya Allah dengan izin-Nya kita bisa memperoleh berkahnya ilmu dan kelancaran disetiap aktivitas kita.

Penulis : Amrullah Azzam


0 Response to " 10 fakta unik kiat sukses Kuliah dan organisasi "