10 Fakta Unik Kota-Kota Terlama di huni Manusia di Dunia

(Ilustrasi Gambar dari Khazanah. Republika.co.id )


Apakah kita pernah berfikir, kota mana  yang tertua di dunia? Ternyata tidak mudah untuk menjawab pertanyaan ini.
Menyebut suatu kota tertua di dunia biasanya harus di dukung oleh bukti-bukti sejarah yang baik dan valid. Apa lagi banyak klaim dari negara-negara yang mengatakan negara mereka lebih tua dari negara lainnya.
Berikut ini 10 kota tertua yang di huni oleh umat Manusia didunia, yang kami kutip dari pemaparan Brilio.Net dari Amusing Planet.

1.      Kota Jericho 9.000 SM.
Dahulunya kota ini adalah bagian dari Negara Palestina, namun setelah adanya konflik dengan Israel kota ini menjadi salah satu kota yang berada di bawah pemerintahan Israel.
Kota jericho adalah kota yang terletak dekat sungai Yordan di sebelah barat dari wilayah Palestina sekarang. Populasinya hanya 20.000 jiwa. Terletak di bawah permukaan laut, Jericho diyakini sebagai kota tertua di dunia yang terus di huni hingga kini.

2.      Damaskus, Suriah. Dihuni sejak 6.300 SM.

Damaskus adalah ibu kota dan sekaligus kota terbesar di Suria. Selain menjadi kota tertua yang dihuni, Damaskus merupakan pusat budaya dan agama dari daerah di Mediterania Timur (Levant)

3.      Bayblos, Lebanon. Dihuni sejak 5000 SM.

Bayblos adalah kota Mediterania di Mount Lebanon Governorate yang kini dikenal dengan Lebanon. Kota ini diyakini sudah ditinggali sekitar tahun 5.000 SM.  Bayblos terletak sekitar 42 kilometer sebelah utara kota Beirut.

4.      Athena, Yunani. Dihuni sejak 5.000 SM.

Ibu kota Yunani ini juga menjadi salah satu kota tertua di dunia. Berbagai peradaban tercipta disini. Kota ini dikenal sebagai pusat daris seni, ilmu pengetahuan, dan filsafat. Banyak juga yang menyebut jika kota ini merupakan tempat lahirnya peradaban barat dan lahirnya demokrasi.

5.      Argos, Yunani. Dihuni sejak 5.000 SM.

Argos merupakan salah satu kota  di Peloponneswe, Yunani. Kota ini terletak didaratan strategis dan subur. Di zamna klasik, Argos adalah saingan kuat dari Sparta untuk dominasi atas Kota Peloponnese.

6.      Faiyum, Mesir, Dihuni sejak 4.000 SM.

Faiyum adalah salah satu kota di Mesir Tengah, sekitar 130 km sebelah barat daya dari Kairo. Kota ini disebut sebagai kota yang tertuadi Mesir sekaligus di Afrika.

7.      Sidon, lebanon. Dihuni sejak 4.000 SM.

Sidon adalah kota terbesar ketiga di Lebanon yang terletak sekitar 40 km selatan Ibukota beirut.

8.      Plovdiv, bulgaria. Dihuni sejak 3.000-4.000 SM.

Plovdiv merupakan kota kedua terbesar di Bulgaria. Kota ini kira-kira sudah dihuni selama 6000 tahun. Para Arkeolog telah menemukan tembikar halus dan benda-benda lain dari kehidupan sehari-hari dari sejak zaman Neolitik, menunjukkan bahwa itu adalah peninggalan di akhir milenium ke-4 SM.

9.      Gaziantep, Turki. Dihuni sejak 3.650 SM.

Kota Gaziantep adalah sebuah kota di tenggara Turki  yang terletak 185 km.  Melalui jalan darat utara dari Aleppo, Suriah. Kota ini disebut-sebut sebagai kota terpadat keenam di Turki.

10.  Delhi, India. Dihuni sejak 3.500 SM.

Delhi adalah kota terpadat di India sekaligus diyakini telah dihuniu sejak abad ke-6 SM.



1 Response to " 10 Fakta Unik Kota-Kota Terlama di huni Manusia di Dunia "