10 Fakta Unik tentang Turki (Part 1)


(Ilustrasi Gambar Yeni Cami Turki)
Dear teman-teman setanah air kali ini kami akan menjelaskan 10 fakta unik bagian pertama yang ada di negara Turki pasti pada penasarankan? Ia dong penasaran banget ni sepertinya. Okelah kalau begituh. 

Tentu kalau berbicara tentang Turki dibenak teman-teman langsung terekam mesjid megah yang bercorak Byzantium, kemudian pasti terlintas tentang Mesjid hagya sofya yang megah dan bagi sebagaian orang tentu akan teringat tentang Mustafa Kemal ataturk yang merubah haluan negara dari ke khalifahan Islam menjadi Republik Turki Sekuler. Dan pastinya banyak lagi yang ingin pemirsa tambahkan ya kan?? Ia ngaku aja deh. Namun dari semua itu kami mempersembahkan 10 fakta unik tentang Turki yang menambah kazanah pengetahun pemirsa sekalian.

1. Fakta unik yang pertama adalah salah satu susunan kata dalam bahasa Turki yang paling panjang adalah kata “cekoslovakyalilastiramadiklarimizdanmisiniz” yang artinya apakah kamu salah satu orang yang bukan berasal dari cekoslovakia? Waw panjang buanget yaw.

2. Fakta unik yang ke dua mengutip dari wikipedia Sinterklas (dalam bahasa lain juga dikenal dengan nama Santa Klaus, Santo Nikolas, Santo Nick, Bapak Natal,Kris Kringle, Santy, atau Santa) adalah tokoh dalam berbagai budaya yang menceritakan tentang seorang yang memberikan hadiah kepada anak-anak, khususnya pada hari natal. Santa berasal dari tokoh dalam cerita rakyat di Eropa yang berasal dari tokoh Nikolas dari Myra, adalah orang Yunani kelahiran Asia Kecil pada abad ketiga masehi di kota Patara (Lycia et Pamphylia), kota pelabuhan di Laut Mediterania, dan tinggal di Myra, Lycia (sekarang bagian dari Demre, wilayah Turki). Jadi negara Turki sebelumnya adalah pusat dari keagamaan kristen ortodoks teman-teman.

3. Fakta unik yang ke tiga kereta bawah tanah Istanbul di distrik Beyoglu yang dibangun tahun 1875 adalah kreta bawah tanah yang tertua ketiga di dunia setelah London (1863) dan Newyork (1868)

4. Fakta unik yang ke empat Turki adalah negara pengekspor terbesar kacang hazelnut nomor 1 di dunia dengan rasio 75% dan 82% dari produksi dan ekspor dunia.

5. Fakta unik yang ke lima Orang Turki peminum teh terbanyak di dunia rata-rata orang Turki mengkonsumsi 10 gelas teh perharinya. 

6. Fakta unik yang ke enam bunga tulif yang kita duga berasal dari belanda, ternyata bunga tersebut, jauh sebelum di budidayakan belanda telah tumbuh kembang dan menjadi simbol negara Turki Usmani. Tulip adalah bunga liar yang tumbuh di dataran asia tengah sejak tahun 1000 M. Bunga tulip kemudian menyebar ke eropa dan baru sampai belnada pada abad 17.

7. Fakta unik ke tujuh di daerah Turki barat adalah tempat yang menjadi saksi perperangan Troya yang terkenal dan menjadi tempat peristirahatan kuda trojan. Mengutif dari wikipedia nih ya dalam mitilogi Yunani, Perang Troya, merupakan penyerbuan terhadap kota Troya yang terletak di Asia Kecil, oleh pasukan Akhaia (Yunani). Peristiwa ini terjadi karena Paris menculik Helene dari suaminya Menelaos, raja Sparta. Perang ini merupakan salah satu peristiwa terpenting dalam mitologi Yunani dan diceritakan di banyak karya sastra yunani. Dua naskah kuno mengenai perang ini paling terkenal adalah Iliyad dan Oddiseia karya Homeros. Iliad mengisahkan bagian dari tahun terakhir pengepungan Troya, sedangkan Odisseia menceritakan perjalanan pulang Oddiseus, salah seorang pemimpin Akhaia. Bagian-bagian lain dari kisah ini diceritakan dalam suatu seri wiracerita yang hanya tersisa dalam bentuk fragmen-fragmen. Kisah perang ini menjadi bahan untuk kisah-kisah drama tragedi yunani dan karya-karya sastra Yunani lainnya, dan juga untuk para penyair Romawi seperti Vergilius  dan Ovidius.

8. Fakta unik yang ke delapan orang Turki adalah mereka yang sangat fanatik terhadap sepak bola. coba deh kalau sudah ketemu dengan beda tim misalnya antara galatasaray dengan fenerbahce bisa jadi pusing deh dengar debat mereka. 

9. Fakta unik ya ke sembilan Manisan Turki (lokum) adalah manisan tertua di dunia yang sudah berusia 500 tahun. Kesukaan Napolion dan wiston churchill adalah manisan buah kenari hijau, dan piccaso selalu memakan manisan ini ketika sedang bekerja setiap harinya.

10. Fakta unik yang kesepuluh adalah orang Turki yang pertama memperkenalkan kopi ke eropa pada abad ke-17. Ketika terjadinya pengepungan Austria. Dan kerajaan Austria berhasil menahan kepungan pasukan Usmani dan pasukan Turki kala itu kembali ke negara asalnya. Maka pihak kerajaan Austria kala itu melihat ke bekas barak-barak pasukan usmani dan mendapatkan karung-karung yang berisi biji-biji kopi. Dari sinilah kemudian kopi menyebar ke daratan eropa.

0 Response to " 10 Fakta Unik tentang Turki (Part 1) "