10 Fakta Unik Tidur Larut Malam


(Ilustrasi tidur larut malam, sumber Kini sehat.com)

10 fakta unik.com mengutip dari Helo Sehat.com tentang fakta-fakta unik bahaya tidur larut malam.  Fakta unik tersebut antara lain adalah :

    Kosentrasi berkurang

   Dengan tidur lebih cepat dapat menguatkan memori dalam fikiran yang dapat membantu kita dala mberkosentrasi. Sehingga bagi teman-teman yang sering tidur larut malam, biasanya kosentrasi fikiran terganggu dan sering kali tidak fokus. Hal ini juga mempengaruhi fungsi penalaran, kewaspadaan, juga kemampuan kita dalam memecahkan suatu masalah.

Berdampak pada kesehatan

  Oleh karena pada saat tidur sangat berperan dalam memperlancar predaran darah, memperbaiki sel-sel tubuh, maka mereka yang kurang tidur dengan sendirinya akan beresiko terserang gangguan kesehatan. Bahkan, jika kurang tidur tersebut secara terus menerus dan berada pada tahap kronis, maka gangguan kesehatan yang akan muncul juga sangat serius, seperti :
a.tekanan darah tinggi
b. penyakit jantung
c. stroke
d. diabetes, dan lain sebagainya

3  Menurunkan gairah seksual

  Tingkat libido dan gairah seksual pada pria maupun wanita akan menurun karena kurang tidur.

   Menjadi pelupa

   Biasanya orang yang sering pelupa disebabkan karena kurang tidur. Hal ini dibuktikan dengan sebuah study di Perancis dan Amerika menemukan bahwa peristiwa otak betanggung jawab dalam menguatkan memori otak, dan mentransfer data yang ada dari hipoampus menuju neokorteks yang ada di otak, dimana semua kenangan jangka panjang tersimpan. Dan kondisi ini biasanya terjadi pada saat tidur.

5        Penyebab depresi

  Biasanya perasaan sedih, marah, stress, dan mental lelah akan dialami oleh mereka-mereka yang selama tujuh hari berturut-turut tidurnya kurang dari 5 jam. Dan menurut hasil penelitian orang-orang yang terkena penyakit insomnia memiliki kemungkinan 5 kali lebih besar terserang penyakit depresi.

6   Obesitas

  Obesitas juga mengancam bagi siapa-siapa yang seringkali tidur larut malam. Mereka yang dalam sehari semalam tidurnya kurang dari 6 jam, hampir 30% memiliki kecendrungan menjadi gemuk.

7  Berpengaruh pada kesehatan kulit

  Tidak hanya mata yang cekung, mereka yang kurang tidur juga akan terlihat pucat, dengan kulit yang kusam, disertai garis-garis yan halus pada wajah.

8  Meningkatkan resiko kematian

  Dampak dari kurang tidur yang paling menakutkan adalah meningkatnya risiko kematian.  Dimana orang-orang yang tidur larut malam mengalami risiko kematian 2 kali lebih besar daripada orang yang tidur tidak larut malam.

   Cepat tua

   Tidur adalah waktu tubuh membuang racun yang seharian kita peroleh dari makanan dan dari sumber-sumber lainnya. Tidur larut malam akan membuat kinerja tubuh tidak maksimal dalam membuang racun yang menyebabkan kita cepat tua.

Penyakit jantung dan Stroke Dini

Tidur larut malam juga menyebabkan seseorang rentan terkena penyakit jantung dan stroke di usia yang sangat muda. Jadi jika kita bergadang setiap malam bisa jadi di usia muda, kita akan mengalami penyakit jantung dan stroke. Jadi sangat bijaksana kita mengambil petuah bung Roma Irama dalam bait syarinya “begadang boleh saja asal ada artinya”.

0 Response to " 10 Fakta Unik Tidur Larut Malam "