Cara membuat hidangan Maglube (Makanan Khas Turki) sederhana


Maglube merupakan salah satu makanan khas Turki. Asal kata Maglube berasal dari bahasa arab Maqlubah yang berarti di balik. Dilihat dari sejarahnya makanan maglube berasal dari wilayah Arab bagian utara. Kemudian menyebar ke daerah Turki yang di huni oleh orang-orang arab. Seperti daerah Siirt dan Mardin. Sama seperti nasi arab pada umumnya makanan ini baisanya di sajikan ketika ada tamu di rumah ataupun ketika keluarga besar sedang berkumpul.
Sahabat blogger pada penasarankan bagaimana membuat salah makanan khas Turki ini. Yuk kita baca bersama-sama.
Berikut cara membuat makanan Maglube yang sederhana :
Bahan-bahan yang perlu disiapkan :
1.      500 gram daging. Potong dadu. Untuk mahasiswa bisa juga diganti dengan daging ayam biar lebih murah.  
2.      3-4 gelas/mug susu beras
3.      Garam 4 sendok makan penuh
4.      1 ½ gelas air panas.
5.      Minyak sayur 5 sendok makan.
6.      Bawang bombai , terong dan kentang
Cara penyajian :
1.    
Rendam beras selama 30 menit atau bisa juga direndam dengan air panas sampai beras tampak berwarna putih susu. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar nasi yang dihasilkan lebih lembut dan cepat matang.
2.      Kemudian di wadah yang berbeda daging di panaskan dalam panci sampai matang. Tidak perlu di tambah air. gunakan air daging tersebut untuk melunakkannya dan sedikit ditambah minyak makan agar daging tidak lengket di wajan.
3.      Setelah daging matang. Matikan api kompor.
4.     Kemudian siapkan terong, kentang dan bawang bombay di potong bundar-bundar. Untuk kentang dan terong di goreng terdahulu sampai matang.
5.   Setelah itu sediakan panci kemudian masukkan irisan bawang bombai dan potongan kentang.
6.      Kemudian masukkan daging matang tadi setengahnya. Setelah itu masukkan juga setengah beras yang telah direndam tadi.
(daging di masukkan ke wajan)
7.      Setelah itu seperti semula masukkan bagian terakhir dari daging tadi diatas beras yang ada didalam panci kemudian bagian beras yang tersisa dimasukkan semuanya kedalam panci.
8.      setelah itu tuangkan air panas secukupnya. Tuang perlahan-lahan sebisa mungkin ukuran air 1,5 senti meter agar nasi yang di masak tidak terlalu lembek. Dan masukkan garam lebih kurang empat sendok makan agar nasi terasa gurih. Dan tidak lupa juga kita menuangkan sekitar lima sendok makan minyak sayur kedalam wajan tempat nasi. Hal ini bertujuan agar nasi tidak lengket di wajan ketika di masak. 

9.    Setelah itu tunggu sekitar 30 menit dengar volume api yang sedang atau kecil agar nasi tidak gosong. Dan kalau bisa jangan sering-sering dibuka tutup pancinya agar uap untuk melunakkan nasi tetap terjaga.
10.  Setelah itu panci yang memasak nasi bisa diangkat dan di balikkan diatas talam
. Kemudian bawah panci tersebut di ketok beberapa kali agar nasi yang akan dihasilkan berbentuk cetakan yang rapi.
11. Untuk hiasan biasanya Maglube dihidangkan dengan acar dan yogurt. Biasanya masyarakat Indonesia masih belum terbiasa dengan yogurt bisa di ganti dengan acar saja atau di tambah dengan saus pedas dll.





3 Responses to " Cara membuat hidangan Maglube (Makanan Khas Turki) sederhana "