10 fakta unik tidur tepat waktu

(ilustrasi di ambil dari caralogi.com)
Hai sahabat faktaunik.com apakabar? Berikut ini kita mengutip dari Halo sehat.com dan tradisional-obat.blogspot.com tentang 10 manfaat tidur tepat waktu pasti pada penasaran kan? Tentu dong. Nah manfaat tidur tepat waktu tersebut  antara lain adalah :

1.     Memperbaiki Sel otak
Pada saat tidur, otak manusia mendapatkan kesempatan untuk beristirahat serta memperbaiki sel-sel otak yang rusak. Ketika itu pula hubungan-hubungan antar sel-sel otak yang penting namun jarang digunakan akan disegarkan kembali.

2.    Penyusunan ulang memori
Saat tidur biasanya otak memperoleh kesempatan untuk untuk melakukan penyusunan kembali memori gunamenemukan pemecahan terhadap persoalan yang dihadapi. Karena itu bagi kita yang tengah menemukan jalan buntu terhadap sebuah permasalahan, disarankan untuk justru menghentikan aktivitas otak dengan cara tidur.

3.    Efesiensi energi
Konsumsi energi dan metabolisme tubuh pada saat tidur berada pada titik yang terendah. Itu sebabnya, bagi mereka yang sedang berpuasa, dianjurkan untuk menggunakan sebagian waktunya untuk tidur, agar metabolisme tubuh tidak terganggu.

4.    Memperbaiki sistem predaran darah memperbaiki enzim
Disaat tidur, enzim serta otot-otot tubuh yang tua atau rusak akan digantikan dengan sel-sel tubuh yang baru. Dengan fungsi tersebut, tidur yang produktif dapat membantu mempercepat penyembuhan luka atau cidera.

5.    Mencegah stres dan depresi
Kurang tidur biasanya akan menyebabkan produksi serotin menurun, sehingga dapat memicu strss. Hormon kortisol penyebab stress akan meningkat sehingga fikiran menjadi tegang dan tertekan. Tidur yang berkualitas dapat meningkatkan suasana hati, serta dapat mengontrol emosi kita.

6.    Meningkatkan daya tahan tubuh
Tubuh memproduksi hormon melatonin sebelum pagi tiba. Hormon ini adalah antioksidan alami yang sangat kuat melawan radikal bebas dan serangan penyakit. Aktivitas melatonin menyebabkan tubuh mampu melakukan detoksifikasi, sehingga kekebalan tubuh meningkat. Hormon ini diproduksi dengan masimal ketika lampu padam di malam hari.

7.    Mencegah hipertensi dan serangan jantung
Saraf simpatis secara aktif mempengaruhi aktivitas tubuh disiang hari, sehingga mempercepat detak jantung dan tekanan darah. Saraf parasimpatik memerintahkan tubuh untuk istirahat di malam hari. Jika keseimbangan ini terganggu, jantung akan bekerja secara paksa dan tekanan darah meningkat. Hasil sebuah penelitian menunjukkan bahwa telat tidur selama 2 jam di atas jam normal tidur malam,, akan meningkatkan hipertensi sebesar 39%.

8.    Mencegah kanker
Kebiasaan begadang dapat meningkatkan risiko kanker. Alasannya adalah kadar melatonin menurun karena terhambat oleh cahaya. Kini padamkanlah lampu ketika hendak tidur di malam hari.

9.    Mencegah penuaan dini
Kurang tidur akan memicu kenaikan hormon kortisol, sehingga beberapa bagian tubuh mengalami peradangan. Inflamasi sangat berhubungan dengan serangan jantung dan penuaan dini.

10.  Mencegah selesma dan sakit kepala
Produksi protein oleh sel-sel tubuh akan meningkat ketika tidur malam. Molekul protein ini akan memperbaiki kerusakan, termasuk mengobati sakit kepala dan salesma.

3 Responses to " 10 fakta unik tidur tepat waktu "

  1. Semenjak baca ini, ga sering sering lagi deh tidur larut banget

    ReplyDelete
  2. wah artikelnya menambawah wawasan , ohh ia setahu saya juga tidur yang baik itu selama 7.7 jam CMIIW :)

    ReplyDelete
  3. Saya tidak selalu tidur tepat waktu apalagi kalau udah nonton tv, alamak bisa begadanh deh.

    ReplyDelete