10. Kiat Sukses Lolos Beasiswa Pemerintah Turki (Bagian Pertama)


sumber diambil dari (fmipa.unsyiah.ac.id)
Bagi teman-teman yang KEPO banget nih dengan beasiswa Pemenrintah Turki. Disini 10faktaunik.com merangkum dari inatürk.com 10 pertanyaan-pertanyaan yang biasanya muncul tentang beasiswa tersebut. Mulai dari kapan beasiswanya di buka serta syarat-syarat yang lainnya. Yups teman-teman pasti sudah tidak sabar ya? 
berikut ini 10 pertanyaan pertama seputarn Beasiswa Pemerintah Turki atau yang populer di dengar sebagai beasiswa YTB.

1. Apa itu beasiswa pemerintah Turki atau YTB?

Beasiswa pemerintah Turki atau YTB (Yurtdışı Türkler ve Akraba Topluluklar Başkanlığı) adalah beasiswa yang dibiayai oleh pemerintah Turki untuk pelajar asing yang berasal dari luar wilayah Turki dan bukan berkewarganegaraan Turki.

2. Bagaimana cara mendaftar beasiswa YTB?

Mudah. Hanya melalui www.turkiyeburslari.org atau www.trscholarships.org dengan cara online. Pastikan semua dokumen sudah dalam bentuk digital dengan resolusi bagus.

3. Di mana bisa dibaca detail informasi beasiswa pemerintah Turki?

Untuk PERSYARATAN silakan buka link berikut www.turkiyeburslari.org. Di situ berbahasa English dan dijelaskan semuanya dengan detail tentang program yang ada, syarat, dokumen yang dibutuhkan, penilaian dan seleksi, serta tentang kampus. Persyaratan terbaru (bisa jadi ada perubahan dari tahun sebelumnya, silakan menuju laman terbaru dari web YTB).

Indbeasiswa.com menjelaskan syarat-syarat beasiswa YTB antara lain :

a) Merupakan warga negara selain warga negara Turki

b) Tidak terdaftar sebagai mahasiswa pada universitas Turki sebelumnya.

c) Bagi pelamar S1 : telah/akan lulus SMA/SMK/sederajad lainnya. Bagi pelamar S2 dan S3: telah/akan meraih gelar sarjana/ Master

d) Bagi pelamar S1, berusia di bawah 21 tahun pada saat pengajuan aplikasi pendaftaran. Untuk pelamar S2, berusia dibawah 30 tahun. Sementara pelamar S3 berusia dibawah 35 tahun.

e) Bagi pelamar S1, ujian akhir Nasional harus memiliki rata-rata sama dengan atau di atas 70. Sedangkan untuk pelamar S2 dan S3, IPK harus berada di atas 2,8.

4. Kapan beasiswa YTB dibuka?

Biasanya pendaftaran beasiswa YTB mulai dibuka antara bulan Februari-Maret. Untuk program sarjana dan pascasarjana memiliki waktu yang berbeda. Sebagai informasi, beasiswa ini dibuka setiap tahun.

5. Bagaimana kualitas universitas yang ada di Turki?

Kualitas kampus di Turki relatif baik dan berkelas internasional. Banyak kampus di Turki yang sudah masuk ke dalam program internasional seperti Erasmus. Untuk lebih jelas silakan melihat web peringkat kampus dunia seperti Times Higher Education atau Webometrics.

6. Jurusannya ada apa saja?

Hampir semua jurusan yang diminati ada. Silakan cek di sini.

7. Di Turki, jurusan/program unggulan apa saja?

Pertanyaan sulit, karena nanti kalau dijawab program tertentu, program lainnya merasa terkucilkan. Yang jelas semua program yang ditawarkan memiliki kelebihan masing-masing. Pilihlah sesuai passion. Bocoran sedikit: jika merasa tidak terlalu oustanding dalam akademis atau pengalaman akademis/kerja, lebih baik pilih yang biasa saja atau sedikit peminatnya. Untuk melihat ada kampus apa saja, coba browsing ke sini.

8. Apakah harus sesuai antara pendidikan sebelumnya dengan pilihan jurusan yang akan diambil?

Tidak harus. Tapi kami menyarankan agar sesuai (linier), karena berdasarkan pengalaman, ini juga menjadi pertimbangan panitia seleksi. Memilih lain jurusan bisa saja asal punya argumen yang kuat kenapa hendak mengambil jurusan tersebut.

9. Apa saja yang didapat dari beasiswa pemerintah Turki (YTB)?

Banyak dan cukup lengkap, yaitu: tiket pesawat PP di awal dan akhir studi, biaya pendidikan, asrama, asuransi kesehatan, kursus bahasa Turki (Tömer) selama 9 bulan, uang saku (untuk buku, transport, dsb). Besaran uang saku perbulan untuk tahun 2015 untuk S1 600 TL, S2 900 TL, S3 1200 TL. Beasiswa ini setiap tahun bertambah sekitar 50-100 TL. (TL = Türkiye Lirası)

10. Apakah ada tes untuk beasiswa YTB?

Tidak ada. Proses aplikasi beasiswa YTB menggunakan mekanisme yang relatif lebih mudah, yaitu lengkapi dokumen (sesuai dengan syarat yang diminta), interview (jika dokumen lengkap sesuai syarat dan dipanggil oleh panitia), pengumuman (lolos atau tidak biasanya akan dikirimi e-mail pemberitahuan).

Seluruh dokumen utama baiknya sudah diterjemahkan seperti ijasah, transkrip nilai, raport, surat rekomendasi. Sedangkan untuk sertifikat tidak perlu. FYI, seluruh terjemahan harus berasal dari lembaga terkait (penerbit dokumen seperti kampus) atau penerjemah tersumpah.

0 Response to " 10. Kiat Sukses Lolos Beasiswa Pemerintah Turki (Bagian Pertama) "