10. Kiat Sukses Lolos Beasiswa Pemerintah Turki (Bagian ke lima)


sumber : fmipa.unsyiah.ac.id
bagi teman-teman yang KEPO banget nih dengan beasiswa Pemerintah Turki. Disini 10faktaunik.com merangkum dari inat├╝rk.com 10 pertanyaan-pertanyaan yang biasanya muncul tentang beasiswa tersebut. Mulai dari kapan beasiswanya di buka serta syarat-syarat yang lainnya. Yups teman-teman pasti sudah tidak sabar ya?

Kali ini pertanyaan bagian kelima berkaitan dengan hal-hal di bawah ini. Yuk kita simak baik-baik.

1. Jika tidak bisa bahasa Turki, apakah harus bisa bahasa Inggris?

Dari sekian banyak penerima beasiswa YTB, ada sebagiannya yang sama sekali tidak bisa bahasa Inggris. Mereka berasal dari negara-negara arab dan afrika. Jadi, sebenarnya bisa saja tidak bisa bahasa Inggris. Tapi, masalahnya dalam interview nanti menggunakan bahasa Inggris. Jika bisa bahasa Turki itu jauh lebih baik. Dengar-dengar bisa juga menggunakan bahasa Arab dan Perancis. Tapi ini harus dipastikan lebih lanjut.

2. Mengenai alur proses aplikasinya seperti apa? Keberangkatan jika diterima? 

Keterangan jadwal bisa dicek di sini. Tapi akan lebih jelas nanti setelah dirilis oleh media ofisial YTB.

3. Kampus manakah yang lebih berpeluang untuk menerima kita? 

Sudah ditanya di atas, tapi kami tekankan lagi. Jika tidak yakin dengan kemampuan untuk bersaing dengan calon penerima beasiswa lain, kami menyarankan strategi memilih kampus yang jarang diminati pada umumnya. Bukan karena tidak bagus, tapi biasanya karena jauh dari pusat kota. Pusat-pusat kota itu seperti Istanbul, Ankara, dan Izmir biasanya dipilih banyak mahasiswa. Carilah kampus yang berada selain dari ketiga kota tersebut.

4. Saya berencana mengambil jurusan A, tapi masih bingung mencari kampus yang tepat. Di mana saya bisa mencari informasi mengenai hal itu? 

Saran dari kami strateginya seperti ini: tentukan jurusan yang diinginkan, browsing di internet mengenai jurusan tersebut di kampus Turki, masuki web kampus tersebut, jika tidak berbahasa Eng, gunakan google translate. Ini cara termudah. Tentu butuh usaha yang maksimal.

5. Saya sudah berijasah S2, tapi tertarik untuk mengulang S2 di Turki. Apakah bisa? 

Bisa jadi bisa, bisa jadi tidak. Sebab rumor yang beredar panitia beasiswa lebih memilih untuk memberikan kesempatan kepada calon penerima beasiswa lain yang belum S2. Ini rumor umum. Mungkin bisa menggunakan persyaratan S1, tidak menyebut pernah S2. Tapi nanti terkendala umur.

6. Apakah bisa memilih kampus yang bahasa pengantarnya berbahasa Inggris? 

Bisa. Tapi dengan persyaratan mengupload dokumen kemampuan bahasa Inggris tersebut dengan standar yang ditetapkan masing-masing kampus, seperti TOEFL atau IELTS.

7. Apakah pekerjaan ikut mempengaruhi penilaian? 

Berdasarkan pengalaman, pekerjaan juga ikut mempengaruhi penilaian juri. Sebab ini berkaitan erat dengan kontribusi pasca kuliah nanti.

8. Jika belum ada ijasah atau transkrip nilai, bagaimana? 

Ijasah bisa digantikan sementara dengan Surat Keterangan Lulus (SKL) dari sekolah atau kampus. Begitu pula dengan transkrip di mana bisa menggunakan daftar nilai sementara. Tapi pastikan seluruh dokumen sudah bisa didapatkan pada saat interview, karena harus dibawa semua.

9. Sebenarnya apa saja kemudahan aplikasi beasiswa pemerintah Turki ini? 

Untuk kemudahan beasiswa YTB, silakan cek di sini.

10. Mengenai dokumen yang harus diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris itu bagaimana? 

Seluruh dokumen utama baiknya sudah diterjemahkan seperti ijasah, transkrip nilai, raport, surat rekomendasi. Sedangkan untuk sertifikat tidak perlu. FYI, seluruh terjemahan harus berasal dari lembaga terkait (penerbit dokumen seperti kampus) atau penerjemah tersumpah.



0 Response to " 10. Kiat Sukses Lolos Beasiswa Pemerintah Turki (Bagian ke lima) "