10. Kiat Sukses Lolos Beasiswa Pemerintah Turki (Bagian ke tiga)


sumber : fmipa.unsyiah.ac.id
bagi teman-teman yang KEPO banget nih dengan beasiswa Pemerintah Turki. Disini 10faktaunik.com merangkum dari inatürk.com 10 pertanyaan-pertanyaan yang biasanya muncul tentang beasiswa tersebut. Mulai dari kapan beasiswanya di buka serta syarat-syarat yang lainnya. Yups teman-teman pasti sudah tidak sabar ya?

Kali ini pertanyaan bagian ketiga berkaitan dengan hal-hal di bawah ini. Yuk kita simak baik-baik.

1. Di mana bisa didapatkan contoh formulir isian beasiswa pemerintah Turki?

Silakan untuk mendownload (PDF). Ini contoh formulir beasiswa tahun 2014. Berdasarkan pengalaman, formulir tahun 2013 dan 2014 tidak jauh berbeda. Kemungkinan untuk tahun 2015 juga identik. Pelajari apa saja yang diminta di dalam formulir dan perhatikan syarat % dari minimal dokumen yang dibutuhkan.

2. Berapa banyak kuota untuk masing-masing jenjang S1, S2, S3?

Kuota pasti kami tidak punya datanya. Yang jelas komposisinya S1 > S2 > S3. Untuk tahun 2014 ada sekitar 50 orang lebih yang diterima dari Indonesia, di mana 60% adalah S1, 35% adalah S2, 5% adalah S3. Tahun ini kuota penerima beasiswa seluruh dunia ditambah menjadi 5000 pelajar.

3. Apakah ada beasiswa untuk D3?

Untuk saat ini, sesuai dengan yang diumumkan oleh panitia, beasiswa YTB hanya mengcover untuk program S1, S2, S3 juga summer course dan research saja.

4. Bahasa pengantar di perkuliahan bahasa apa?

Umumnya, bahasa pengantar perkuliahan adalah bahasa Turki. Sebab itu nanti selama satu tahun pertama penerima beasiswa akan belajar bahasa Turki (Tömer) sampai level C1. Namun, ada juga beberapa jurusan yang bahasa pengantarnya bahasa Inggris. Ini tergantung dari jurusan dari kampus masing-masing dan calon penerima beasiswa harus memiliki nilai yang tinggi dalam keahlian bahasa asing.

5. Jika sudah menikah (berkeluarga), apakah masih bisa ikut beasiswa ini?

Masih dong. Malah ada beberapa teman sesama beasiswa YTB yang menikah dan menetap di Istanbul. Ini semua bagaimana teman-teman menyikapinya.

6. Kalau mahasiswanya sudah berkeluarga bagaimana?

Alhamdulillah kalau sudah berkeluarga. Sayangnya, beasiswa YTB tidak menanggung biaya keluarga (anak, istri, ibu, bapak, kakek, cucu, dsb). Beasiswa hanya diberikan untuk pelajar bersangkutan.

7. Saya berencana lanjut S2, sekarang masih ada 1 semester lagi, mungkin tidak untuk ikut beasiswa ini?

Sabar saja, selesaikan dulu kuliahnya. Insya Allah beasiswa YTB buka setiap tahun. Dipersiapkan saja semua dokumen yang dibutuhkan untuk periode berikutnya.

8. Perkiraan lulus akhir tahun ini atau dalam beberapa bulan, apa bisa mendaftar atau harus wisuda dulu?

Syarat dokumen yang harus disertakan adalah ijasah, jika tidak ada, bisa menggunakan SKL (Surat Keterangan Lulus). Jadi lebih baik sampai dokumen lengkap semua. Jika dalam masa upload dokumen sampai masa interview dipastikan akan lulus, bisa menggunakan surat keterangan pengganti dari jurusan.

9. Dokumen apa saja yang harus dipersiapkan untuk beasiswa YTB ini?

Persiapkanlah dokumen yang diminta oleh panitia, tidak perlu memasukkan dokumen yang tidak ada kaitannya dengan aplikasi beasiswa seperti sertifikat tanah, rekening listrik, atau tagihan kartu kredit. FYI, semua dokumen harus discan.

10. Sertifikat bahasa Inggris (TOEFL/IELTS) dibutuhkan tidak?

Jika diminta, berarti dibutuhkan. Jika disebutkan “if any”, itu berarti “kalau ada” disertakan, kalau tidak ada berarti tidak masalah. Lebih baik dipersiapkan saja karena itu juga akan menjadi nilai tambah dalam proses seleksi.

0 Response to " 10. Kiat Sukses Lolos Beasiswa Pemerintah Turki (Bagian ke tiga) "