Mengenal 10 Program Beasiswa Pemerintah Turki


ilustrasi diambil dari : zelamatpagi.wordpress.com
Assalamu’alaikum sahabat-sabat faktaunik.com. gimana nih kabarnya? Tentunya pasti sehat dan baikkan. Kali ini 10faktaunik.com akan memberikan informasi program-program beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintah Turki kepada teman-teman yang ada di dunia yang tertarik untuk mengikuti program-program beasiswa tersbut. Ternyata beasiswanya sangat spektakuler lhoo. Sudah pada gak sabarannya. Yuk mari kita lihat di bawah ini :

Program-program beasiswa tersebut antara lain adalah : 

1. Program Beasiswa S1

Program Beasiswa ini di peruntukkan bagi masyarakat yang berdomisili dan menggunakan bahasa rumpun Turki. Seperti Azerbaijan, Kazakistan, Kirgystan, Uzbekistan, dan Turkmenistan. Beasiswa ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesetaraan sosial dan peningkatan pembangunan ekonomi negara-negara tersebut

2. Program-Program Beasiswa untuk Negara-negara Balkan

Adalah pengintensifan hubungan sejarah dan budaya serta persahabatan dengan negara-negara Balkan yang di lakukan oleh pemerintah Turki. Dan program-program Pendidikan yang ada di turki memberikan peluang bagi negara-negara Balkan untuk mengirimkan delegasi serta mengikuti program beasiswa yang di tawarkan tersebut.

Negara-negara balkan tersebut meliputi :

Albania, Bosnia-Herzegovina, Bulgaria, Hungaria, Karadağ, Kosovo, Makedonia, Serbia, Slovenia, dan Negara Yunani.

3. Program Beasiswa Negara-negara Sekitar Laut Hitam

Negara-negara yang bertetangga dengan negara Turki baik disebelah Timur, Barat, dan utara laut Hitam juga diberikan beasiswa oleh Pemerintah Turki. Turki juga memiliki sejarah yang erat dengan negara-negara Eropa tengah dan Negara-negara di kawasan laut baltik. Beasiswa ini juga bertujuan untuk meningkatkan kembali hubungan sosial budaya. Dan sumber daya manusia diantara sesama negara tersebut.

Negara-negara tersebut meliputi:

Belarusia, Estonia, Georgia, Letonia, Lituania, Moldova, Romanya, Rusia, Slovakya, Ukraina, Polandia, Republik Ceko, Armenisa, dan Hungaria.

4. Program-Program Beasiswa Negara-negara semenanjung Arab

Dalam Sejarah Kota Harran (Arab) adalah salah satu tempat pertama dibangunnya universtias. Dan dari masa kemasa menjadi tempat lahirnya ilmuan-ilmuan besar serta menjadi pusat ilmu pengeahuan, ekonomi dan budaya. Untuk meningkatkan hal tersebut kembali pemerintah Turki bekerja sama dengan pemerintahan jazirah Arab dengan memberikan beasiswa khusus bagi mayarakat yang berasal dari arab untuk melanjutkan pendidikan di Turki..

Lingkup negara-negara tersebut antara lain:

Banglades, Falestina, Irak, Iran, Lebanon, Pakistan, Suriyah, Tajkistan, Yordania, Yaman, Afganistan, Israil.

5. Program Beasiswa Turki untuk Negara-negara Afrika

Hubungan intensif pemerintah Turki dengan Negara-negara afrika masih dalam waktu yang relatif baru. Untuk itulah program-program beasiswa dibentuk dalam rangka percepatan masyarakat untuk memperoleh peluang belajar di negara Turki. Pembangunan negara Afrika, hal ini bertujuan untuk meningkatan ilmu pengetahuan dan pemerataan pengalaman di antara masyarakat afrika yang memiliki kekayaan ragam budaya. 

Lingkup Negara Program Beasiswa tersebut antara lain:

Angola, Benin, Bostuana, Burkina Faso, Burundi, Al-jazair, Jibuti, Cad, Etiopia, Maroko, Fildişi Sah, Gana, Kenya, Afrika Selatan, Komoro, Republik Rakyat Kongo Republik Demokrasi Kongo, Libia, Madagaskar, Mali, Nijer, Nijeria, Afrika Tengah, Senegal, Somali, Tanzania, Tunisia, Uganda, Ekvator Ginesi, Gabon, Gambiya, Gine, Gine Bissau, Kamerun, Lesotho, Liberya, Malavi, Mauritius, Moritanya, Mozambik, Namibya, Seyşeller, Sierra Leon, Swaziland, Togo, Zambiya, Zimbabwe, Mesir, Sudan, Sudan Selatan, Eritre, Ruanda, Yeşil Burun, Sao Tome ve Principe

6. Program Beasiswa Boğaziçi Istanbul.

Salah Satu Kota Turki yang terkenal di dunia adalah Istanbul. Oleh karena itu di buatlah nama Boğaziçi sebagai nama program beasiswa kota Istanbul tersebut. Program beasiswa ini melingkupi negara-negara yang memiliki letak geografi yang jauh dan lingkup yang lebih luar program ini juga memberikan alternatif kepada mereka untuk melanjutkan pendidikan di universitas-universitas termana di Turki.

Negara-negara yang terlingkup dalam beasiswa ini adalah:

Antigua ve Barbuda, Argentina, kepulauan Bahama, Bahrain, Barbados, Uni Emirat Arab, Bolivia, Brazilia , Brunei darussalam, Republik Rakyat Cina, Timor Leste, Republik Dominika, Dominika, Ekvator, El Salvador, Indonesia, Filipina, Granada, Guetemala, Korea Selatan, Haiti, India, Hong Kong (SAR) , Jamaika, Jepang, Kambojia , Qatar, Kiribati, Kolombia, Kuwait, Kuba, Laos, Makao (SAR), Maladewa, Malaysia, Meksiko, Mongolia, Miyanmar, Nepal, Paraguay, Peru, Saint Kitts ve Nevis, Saint Lucia, Saint Vincent ve Grenadinler, Samoa, Singapur, Solomon, Sri Lanka, Saudi Arabiya, Şili, Tailand, Taiwan, Trinidad ve Tobago, Tuvalu, Oman, Uruguay, Vanuatu, Venezuela, Vietnam.

7. Program Beasiswa (Ilmu Pengetahuan) dan Teknologi Ali Kuşçu

Program Beasiswa (Ilmu Pengetahuan) dan Teknologi Ali Kuşçu meliputi program S2, dan Beasiswa S3 (program Doktor) program ini terbuka untuk seluruh negara yang berminat untuk mengikkutinya. Program beasiswa Paska sarjana dan Doktoral ini dikhususkan untuk ilmu pengetahuan Sains dan Teknologi. 

8. Program Beasiswa Ibnu Khaldun (Ilmu Pengetahuan Sosial)

Program Beasiswa Ilmu Pengetahuan Sosial Ibnu Khaldun meliputi program S2 dan S3 (Doktoral) program ini juga terbuka untuk seluruh negara yang ingin mendaftar. Kalau program beasiswa Ali Kuşçu lebih fokus pada Ilmu pengetahuan Sains dan Teknologi sedangkan program beasiswa Ibnu khaldun fokus pada ilmu-ilmu sosial. Program ini salah satu rekomendasi bagi teman-teman yang ada di Indonesia untuk mendaftarkannya.

9. Cabang-cabang Beasiswa lainnya.

a. Program Beasiswa Ibnu Sina (khusus untuk ilmu kesehatan dan Kedokteran)

Program Beasiswa Ibnu Sina (khusus untuk ilmu kesehatan dan Kedokteran) ini difokuskan pada S1 teman-teman yang telah menyelesaikan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat dan ingin fokus pada dunia kesehatan dapat mengikuti program beasiswa ini. Sedikit informasi fakultas kedokteran di Turki merupakan salah satu fakultas yang bergengsi di Eropa. Program ini juga terbuka untuk seluruh negara yang ingin mendaftar program tersebut.

b. Program Beasiswa Keagamaan

Program beasiswa keagamaan meliputi: S1, S2 dan Program Doktoral (S3) program beasiswa ini juga terbuka untuk seluruh negara yang ingin mendaftar program tersebut.

c. Program Beasiswa Yunus Emre (khusus untuk Bahasa Turki) 

Program beasiswa Yunus Emre meliputi, beasiswa S1, S2 dan program Doktoral (S3) program ini juga terbuka untuk mahasiswa seluruh dunia yang ingin mendaftar program tersebut. 

Program ini di khususkan untuk mempelajari bahasa Turki dan bidang Sastra Turki. Bagi teman-teman yang tertarik untuk belajar bahasa dan sastra turki. Tersedia peluang S1, S2 sampai pada program S3nya lho teman-teman.

d. Program Beasiswa Olah Raga

Program Beasiswa Olah raga meliputi beasiswa untuk ; S1, S2 dan S3.program ini terbuka untuk seluruh negara yang ingin mendaftar program tersebut

Program ini melingkupi, keahlian-keahlian khusus yang dimiliki oleh pelajar-pelajar di bidang olah raga tersebut.

Bagi peserta yang telah lolos program tersebut di wajibkan untuk belajar bahasa Turki selama 1 tahun. Dan juga mengikuti seleksi masuk universitas yang akan di tuju. Biasanya untuk belajar bahsa ini sudah termasuk dalam paket beasiswa yang diberikan.

e. Program Beasiswa Kesenian

Program beasiswa Kesenian Meliputi; Program Beasiswa S1, Program Beasiswa S2 dan Program Beasiswa S3. Program ini terbuka untuk calon Mahasiswa seluruh negara yang tertarik dengan program beasiswa tersebut.

Bagi peserta yang telah lolos program tersebut di wajibkan untuk belajar bahasa Turki selama 1 tahun. Dan juga mengikuti seleksi masuk universitas yang akan di tuju. Biasanya untuk belajar bahsa ini sudah termasuk dalam paket beasiswa yang diberikan.

f. Beasiswa Jangka Pendek

Adalah beasiswa yang diberikan kepada petugas publik/atau pejabat kenegaraan negara lain yang ingin mengenal dan memperdalam budaya maupun bahasa turki. Serta baik itu program-program studi banding lainnya seperti studi banding tentang pendidikan, parawisata, tata kelola pemerintahan dan lain-lain. 

Peserta yang mengikuti program beasiswa ini adalah petugas atau pejabat penting dari perwakilan negara-negara lainya. Bagi peserta yang ingin mendaftar di program ini bisa mendaftar di website yang telah di tentukan. Kalau syarat-syarat dan kriterianya sudah terpenuhi permohonan akan dapat segera dikabulkan. 

10. Beasiswa Penelitian

Program Beasiswa Penelitian ini terbuka untuk semua negara yang tertarik untuk mengikutinya. 

Program beasiswa penelitian ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang akan menyelesaikan program doktornya, yang sedang atau akan mengerjakan thesis doktoralnya di salah satu universitas di Turki. Dan telah mendapatkan izin dari universitas tersebut. Bagi peserta yang telah mendapatkan izin untuk penelitian tersebut dapat untuk mendaftarkan program beasiswa penelitian dari pemerintah Turki.

Untuk program beasiswa penelitian ini bagi masyarakat luar Turki terbatas hanya selama periode 1 tahun.

Program-program beasiswa ini bisa dilihat langsung di website www.turkiyeburslari.org. atau www.trscholarships.org. Atau langsung bisa buka disini: http://www.turkiyeburslari.org/index.php/tr/turkiye-burslari/burs-programlari.



0 Response to " Mengenal 10 Program Beasiswa Pemerintah Turki "