10 Tips jitu sukses di terima kerja


Halo sahabat faktaunik. Di akhir pekan ini kita menyapa kembali sahabat-sabat agar tetap semangat dalam aktivitas-aktivtas yang dikerjakan. Bagi teman-teman mahasiswa khususnya yang semester akhir tentu sudah mulai berpikir tenang masa depan yang akan di raih apakah itu menjadi pengusaha, ataupun menjadi pekerja di sebuah instansi yang menjadi tempat favorit. Nah untuk itu teman-teman kali ini fakta unik memberikan tips kepada teman-teman 10 cara jitu sukses di terima kerja. Apa-apa saja itu yuk mari kita baca :

1. Berdoalah dan tingkatkan percaya diri 

Berdoa adalah sesuatu kegiatan yang sangat mujarab, setiap agama juga menganjurkan pemeluknya untuk senantiasa memperbanyak doa dalam setiap aktivitas-aktivitas yang dilakukan. Begitu juga dalam agama Islam doa adalah senjata kaum muslimim yang terpendam. Banyak sekali keberkahan yang dapat kita rasakan ketika kita senantiasa mengawali aktivitas dengan berdoa. Untuk itu bagi teman-teman yang sedang melamar sebuah pekerjaan maka tingkatkan lagi hubungan dekat kita kepada Yang Maha Kuasa, agar tujuan-tujuan yang kita harapkan dapat tercapai dan ji muluskan oleh Allah SWT. 

Biasanya ada korelasi yang kuat antara doa dan tingkat kepercayaan diri. Semakin kita membenamkan diri dekat dengan Allah semakin kuat kepercayaan diri kita untuk menghadapi tantangan yang ada. So my friends kalau ingin berkas lamaran kerja kita diterima maka kita perbanyak doa dan tingkatkan kepercayaan diri kita ya.

2. Persiapan berkas dengan sebaik-baiknya

CV; Langkah Awal Yang Menentukan

Biasanya di atas meja kantor bagian HRD banyak sekali tumpukan-tumpukan CV pelamar pekerjaan, dan biasanya mereka tidak membacanya secara seksama. Untuk itulah teman-teman sebisa mungkin membuat seprofesional mungkin CV teman-teman baik dari segi penulisan, pengalaman, dan dari segi keahlian kita di tuliskan semuanya di dalam CV ini sehingga pihak yang membaca akan tertarik dengan Cv yang kita tawarkan kepada mereka.

3. Ketika wawancara berpenampilanlah yang rapi 

Ketika kita sudah di terima untuk panggilan wawancara, maka berpenampilanlah yang sebaik mungkin, rambut yang biasanya acak-acakan di sisir rapi. Bagi pria jenggot dan kumir juga di rapikan. Serta memakai wangi-wangian agar pewawancara betah ketika mewawancarai kita. Berikut ini juga hal-hal yang harus kita perhatikan :

a. Spatu

Gunakanlah sepatu yang sesuai untuk wawancara biasanya spatu van touple. Atau sepatu-sepatu semi resmi lainnya.

b. Aksesoris

Bagi pria ketika wawancara sebaiknya menggunakan jam tangan agar membuat penampilan kita lebih elegan dan casual.

c. Pakaian

Bagi wanita juga berpaikan yang baik dan sofan hal ini bisa menjadi nilai tambah bagi pewawancara bahwa anda layak untuk bekerja diperusaahan mereka. Sedangkan bagi pria sebaiknya menggunakan pakaian kemeja dan celana pantalon yang rapi karena ini bisa meningkatkan kepercayaan diri teman-teman gak percaya? Coba deh maka teman-teman akan merasakan sensasi yang luar biasa.

4. Mempunyai pengalaman kerja yang baik (jika sebelumnya telah bekerja)

Bagi teman-teman yang sudah mempunyai riwayat pekerjaan sebelumnya, alangkah baiknya jika mencantumkan di CV yang telah teman-teman tulis hal ini menjadi nilai tambah yang sangat luar biasa bagi teman-teman. Karena biasanya perusahaan-perusahaasn menerima mereka-mereka yang sudah berpengalaman.

5. Tingkah laku

Berprilakulah yang tenang, jawablah sesuai dengan kapasitas intelektual teman-teman ketika berlangsungnya sesi wawancara. Hindari kegugupan. Dan bisa mengatur ritme suasana di ruangan wawancara. Untuk ini semua sebaiknya teman-teman beberapa hari sebelum dilaksanakannya wawancara telah membaca buku bagaimana memahami seni bahasa tubuh, dan mimik-mimik wajah serta lain-lainya.

6. Sebelum wawancara sebisa mungkin mempersiapkan bahan-bahan yang dirasa perlu

Sebaiknya sebelum wawancara teman-teman coba cek di internet apa saja yang menjadi tema-tema wawancara, dan persiapkan lagi bahan-bahan yang menunjang kemampuan teman-teman ketika akan sedang di wawancara.

7. Masukkan Lamaran sesuai dengan bakat dan potensi bidang pengetahuan kita

Biar teman-teman cepat diterima kerja adalah dengan cara memasukkan surat lamaran kerja ke instansi-instansi yang memang menjadi passionnya teman-teman misalnya jurusan akuntansi dan memiliki passion di akuntansi maka pilihlah peluang-peluang kerja yang sesuai dengan jurusan teman-teman. Yakinlah dengan kita expert di bidang kita atau jurusan kita insyaAllah kita akan mudah untuk diterima kerja ddan mudah untuk memulai sebuah pekerjaan.

8. Memiliki keahlian Pendukung

Sebagai pemuda yang enerjik dan perlu kita tahu teman-teman perusahaan juga biasanya perlu patner-patner yang memiliki keahlian lebih atau keahlian diluar bidang yang kita miliki seperti desain corel draw ataupun keahlian-keahlian yang lain. Ini menjadi nilai lebih bagi teman-teman percayalah.

9. Ikuti petunjuk yang ada pada surat lamaran 

Yakinlah walaupun tampak sepele dengan emngikuti petunjuk yang telah disampaikan ini memberikan arahan dan kompas bagi teman-teman untuk lolos diterima kerja. Terkadang banyak orang-orang yang mengabaikan petunjuk-petunjuk yang telah disampaikan oleh pihak perusahaan.

10. Jalin komunikasi secara hangat dan sopan

Dengan komunikasi yang baik, mimik wajah dan bahasa tubuh yang santun dan tenang ini membuat nilai tambah pada teman-teman dan dapat meyakinkan pewawancara bahwa teman-teman adalah orang yang tepat yang mereka inginkan untuk posisi-posisi yang mereka cari. 









19 Responses to " 10 Tips jitu sukses di terima kerja "

  1. Thanks tipsnya gan, akan saya terapin saat akan melamar kerja nanti

    ReplyDelete
  2. Thank infonya gan, bakalan saya terapkan nanti pas mau melamar kerja

    ReplyDelete
  3. Cari kerja sekarang susah gan

    ReplyDelete
  4. Besok ane mau interview nih, semoga bermanfaat ya :D

    ReplyDelete
  5. mantap nih informasinya gan, ini yang saya butuhkan. terimakasih

    ReplyDelete
  6. wah mantap jiwa infonya kebetulan saya sedang menunggu untuk panggilan interview.. terima kasih gan

    ReplyDelete
  7. mantap nih infonya, kalo interview kerja udh siap heheh

    ReplyDelete
  8. Mantap informasi ni. Tapi sudah fokus di jasa web dan seller mas...

    ReplyDelete
  9. mantap nih,. keren buat referensi. makasih.

    ReplyDelete
  10. Benar sekali gan...
    Pada dasarnya melamar kerja itu sama halnya saler yg mnawarkn barang, komunikasi n penampilan hrs bnr2 diprhatikn n pintar mempromosikan sesuatu yg dijualnya supaya dibeli. Begitu jg melamar krja, kita harus bisa mnawarkn pd perusahaan bhwa kita layak dipekerjakan krn memiliki suatu kompetensi yg sesuai dgn bidang perusahaan itu dan siap berkontribusi utk memberi keuntungn pada perusahaan. Bukan semata2 minta dipekerjakan saja.

    ReplyDelete
  11. tps yang keren. bisnillah. sangat brrmanfaat.

    ReplyDelete
  12. Bakal gue terapin nih gan, lagi nganggur soalnya

    ReplyDelete
  13. dan jangan lupa, tunjukkan sikap hormat dan dewasa kalian.

    btw nice info.

    ReplyDelete