10 Fakta Menarik Tentang Kekaisaran Usmaniyyah


Sumber : Okursan.Net
Kekaisaran Usmani yang hebat adalah sebuah kerajaan yang didirikan pada tahun 1299 oleh suku Turki dari klan Oghuz, di bawah Osman I di Anatolia barat laut.
Berikut ini,  adalah beberapa fakta yang sangat menarik tentang sejarah Kekaisaran Usmani yang akan meledakkan pikiran para pembaca yang budiman.

1. Awal pembentukan Kesultanan
Kekaisaran Usmani (Turki: Osmanlı İmparatorluğu) adalah kekaisaran yang berdiri dari 1299 sampai 1923 (634 tahun !!). Kesultanan Usmani adalah salah satu kerajaan terbesar yang menguasai selluruh perbatasan Laut Mediterania. selama masa kejayaannya, kekuasaannya terbentang dari daratan Anatolia, Timur Tengah, bagian dari Afrika Utara, serta Eropa tenggara.

2. Seremoni Pengangkatan Sultan
Sumber : Serhatengul.com
Terjemahan bahasa Prancis dari nama Usmani "Bâb-i-âlî" adalah "gerbang yang tertinggi". Hal ini dikarenakan, setiap upacara pengangkatan sultan yang diadakan di Gerbang Istana dan diperuntukkan juga untuk duta besar dari berbagai negara. Gerbang tertinggi ini juga ditafsirkan sebagai indikasi posisi Kekaisaran sebagai pintu gerbang penguasa antara Eropa dan Asia.

3. Republik Turki
Setelah Perang Dunia I, di mana sebagian besar wilayah usmani dicaplok oleh Sekutu, kemudian para elit usmani mendirikan Turki modern selama Perang Kemerdekaan Turki.

4. Masa Kejayaan
Sumber : Serhatengul.com
Kekaisaran mencapai puncaknya di bawah Suleiman I (Sulaiman Al-Qanuni) pada abad ke-16, saat wilayah kekuasaannya membentang dari Teluk Persia (timur) ke Hungaria (barat laut), dan dari Mesir (selatan) ke Kaukasus (utara).

5. Masa Kemunduran
Pada abad ke-17, Usmani melemah baik secara internal maupun eksternal oleh perang mahal melawan Persia, Persemakmuran Polandia-Lithuania, Rusia dan Austria-Hongaria, khususnya. Ini menghasilkan monarki konstitusional dimana sultan memiliki sedikit kekuatan.

6. Pembentukan Turki Moderen
Mustafa Kemal Pasha, perwira militer terkemuka selama perang Gallipoli (Canakkale) dan Palestina, secara resmi dikirim dari Istanbul untuk menguasai tentara Kaukasus yang menang serta membubarkannya. Tentara ini berperan penting dalam memenangkan Perang Kemerdekaan Turki (1918-1923) dan Republik Turki didirikan pada tanggal 29 Oktober 1923 dari sisa-sisa kesultanan yang telah jatuh.

7. Wazir (Perdana Menteri)
Köprülü Mehmed Pasha, adalah pendiri pertama dinasti politik keluarga Köprülü yang berkebangsaan Albania dari Kekaisaran Usmani. Pengangkatan beliau pertama kali oleh Turhan wali sultan, ibu dari penguasa Mehmed IV  yang saat itu berusia tujuh tahun, untuk menjadi wazir agung pendamping Sultan.

8.Tingkatan Militer yang sangat ketat
Antara pertengahan 15 dan awal abad ke-17, cara perekrutan Tenaga Kerja khusus dibidang peradilan, militer, dan politik sangat jelas. Pemuda muslim Lulusan madrasah atau perguruan tinggi ditunjuk sebagai hakim di provinsi, sebagai guru madrasah, atau sebagai imam. Namun Berbicara tentang kantor peradilan tertinggi menjadi domain beberapa keluarga elit Usmani dari abad ke-16.

9. Memiliki Hak Warisan Pekerjaan
Pejuang yang memegang kavaleri utama adalah wajib seorang Muslim, dan biasanya memiliki hak untuk mewariskannya secara  turun temurun kepada generasi seterusnya.

10. Sebagai Kekuatan Penyeimbang Baru

Kekaisaran Usmani dengan pikiran dan tindakannya, menggantikan Kekaisaran Bizantium sebagai kekuatan utama di Mediterania Timur.

0 Response to " 10 Fakta Menarik Tentang Kekaisaran Usmaniyyah "