10 Fakta Menarik tentang Universitas Harvard



sumber : youtube.com
Halo Teman-teman.. bagi yang tertarik dengan universitas harvard. Bolehlah untuk membaca sekilas tentang fakta unik universitas tertua di Amerika tersebut. Dengan harapan yah mungkin kalau teman-teman mempunyai cita-cita masuk Harvard. Sebelum masuk maka sangat perlu untuk mengetahui seluk-beluk universitas tersebut.
Berikut ini 10 fakta unik universitas Harvard yang perlu teman-teman ketahui :

1. Patung Dengan Tiga Kebohongan
Sumber : Harvardmagazine.com
Patung John Harvard berdiri di Harvard Yard dan merupakan patung ketiga yang paling banyak difoto di A.S. Meski terkenal, mahasiswa Harvard menyebutnya dengan "Patung dengan tiga Kebohongan" 1. karena tulisannya bertuliskan "John Harvard, Founder, 1638". John Harvard sebenarnya bukan pendiri melainkan seorang dermawan yang merasa terhormat dalam penamaan universitas tersebut. 2. Harvard juga tidak didirikan pada tahun 1638 namun pada tahun 1636 dan merupakan perguruan tinggi tertua di A.S. yang ke-3, patung tersebut sebenarnya bukan penggambaran John Harvard asli. Melainkan mahasiswa pemahat Daniel Chester French yang digunakan sebagai model John Harvard.
Lucu juga yah gan bacanya.

2. Waw Harvard lebih tua dari Ilmu kalkulus itu Sendiri
Inilah fakta historis yang bisa memberi Anda beberapa perspektif tentang berapa lama Harvard telah ada. Ketika Harvard pertama kali didirikan, kelas kalkulus tidak ditawarkan karena belum ditemukan. Kalkulus muncul pada akhir 1600-an dengan diterbitkannya "Nova Methodus" oleh Gottsfield Leibniz. Faktanya, Galileo, yang meninggal pada tahun 1642, masih hidup selama tahun-tahun awal Harvard.

3. di Harvard Angka Delapan adalah Nomor yang Ajaib
Harvard adalah salah satu perguruan tinggi paling bergengsi di dunia, dan sangat terkenal karena menghasilkan orang-orang paling berpengaruh di dunia. Dari daftaran panjang alumni  Harvard yang lama adalah delapan orang yang telah menandatangani Deklarasi Kemerdekaan Amerika antara lain, John Hancock, Samuel Adams, John Adams, William Ellery, William Williams, William Hooper, Elbridge Gerry, dan Robert Treat Paine. Delapan tampak seperti bilangan ajaib karena delapan alumni Harvard juga menjabat sebagai presiden Amerika Serikat termasuk John Adams, John Quincy Adams, Theodore Roosevelt, Franklin Roosevelt, John F. Kennedy, George W. Bush, Rutherford Hayes, dan tentu saja, Barack Obama.

4. Ayat Al-Quran di Pintu Gerbang  fakultas hukum Harvard
Ayat 135 dari Surah Al Nisa (Wanita) telah dipasang di dinding yang menghadap ke pintu masuk utama fakultas, yang didedikasikan untuk ungkapan terbaik dalam mengartikulasikan makna keadilan:
Wahai orang-orang yang beriman! Jadilah kamu penegak keadilan, menjadi saksi karena Allah walaupun terhadap dirimu sendiri, atau terhadap ibu bapak dan kaum kerabatmu. Jika dia (yang terdakwa) kaya ataupun miskin, maka Allah lebih tahu kemaslahatan(kebaikannya). Maka janganlah kamu mengikuti hawa nafsu karena ingin menyimpang dari kebenaran. Dan jika kamu memutar balikkan (kata-kata), atau enggan menjadi saksi, maka ketahuilah Allah Maha Teliti terhadap segala apa yang kamu kerjakan.
Didirikan pada tahun 1817, Harvard adalah sekolah hukum tertua yang beroperasi secara terus-menerus di Amerika Serikat dan merupakan rumah bagi perpustakaan hukum akademis terbesar di dunia. Di antara alumninya adalah Presiden AS Barack Obama dan sejumlah wartawan, penulis, media dan pemimpin bisnis yang berpengaruh, bahkan atlet profesional sekalipun.

5. Di harvard anda akan menemukan Petualangan Bawah Tanah
Perpustakaan Widener, merupakan salah satu perpustakaan terbesar kedua di Amerika Serikat, terdiri dari 10 lantai dengan empat di bawah tanah. Perpustakaan itu dinamai Harry Elkins Widener. Seorang Filantrophy yang menyumbangkan $ 3,5 juta ke Harvard khusus untuk pembangunan gedung perpustakaan dan dibangun dengan nama anaknya sendiri; ada satu syarat dalam pembangunan tersebut, bangunan fisik perpustakaan tidak akan pernah bisa diubah.
Ketika kampus ingin memperluas perpustakaan, beberapa arsitek membuat ide kreatif dan mulai membangun ruang di bawah tanah. Agar bisa memperluas gedung perpustakaan tersebut.
Nah Sekarang buku-buku itu punya tempat yang sangat luas untuk dikunjungi serta wasiat pak Harry juga dapat terpelihara.

6. Ivy League ... atau Ivy Leaves
Harvard adalah perguruan tinggi Ivy League, sebuah istilah yang digunakan untuk mencakup delapan perguruan tinggi dan universitas Northeastern termasuk Universitas Brown, Universitas Columbia, Universitas Cornell, Universitas Dartmouth, Universitas Pennsylvania, Universitas Princeton, dan Universitas Yale. Universitas-universitas ini dikenal dengan kualitas akademis yang tinggi dan sangat menarik minat mahasiswa dari seluruh dunia. Istilah "Ivy League" sebenarnya mengacu pada tradisi dari tahun 1800an. Para siswa akan menanam Pohon ivy di awal tahun ajaran dan di beberapa sekolah disertai dengan pidato "ivy" yang segera dikenal sebagai "Ivy Day" di beberapa sekolah.

7. Jadi orang-orang penyok itu ... apa ?!
Berbagai penyerang misterius yang ditemukan di trotoar Harvard dikatakan berasal dari cannonballs yang dilempar keluar dari jendela asrama selama Perang Revolusi.

8.Tidak dizinkannya Pembuatan Film di kampus
Sejak tahun 1970, Harvard telah melarang pembuatan film komersial di kampus. Namun, cuplikan cepat flyover sekolah bisa dilihat di film Road Trip dan Old School.

9. Salah Satu Wakaf Terbesar di Dunia
Harvard salah satu pemilik i dana abadi terbesar di dunia, dimana pada tahun 2014 dana wakaf yang dikelola sebesar $ 36,4 miliar dolar. Pada tahun 2014 besaran tersebut mampu menandingi separuh ekonomi dunia!

10. Lulusan Harvard

Harvard terkenal dengan keunggulan akademisnya dan sangat produktif dalam menghasilkan lulusan yang sangat berkualitas. Perlu diketahui ternyata gaji awal rata-rata setelah lulus universitas (tahun 2014) kurang lebih $ 60.000 per tahun. Waw sangat amazing bukan!!

1 Response to " 10 Fakta Menarik tentang Universitas Harvard "

  1. jadi kampus ini adalah tempat kuliah para prsiden amerika.. hebat

    ReplyDelete