10. Fakta Tentang Deabetes Militus


Sumber : Netdoktor.co.uk
Tahukah anda 10 fakta tentang diabetes ini?

Sekitar sepertiga dari semua penderita diabetes tidak tahu mereka terkena penyakit ini. Perlu kita ketahui bersama gan, Diabetes tipe 2 seringkali tidak memiliki gejala apapun. Hanya sekitar lima persen dari semua penderita diabetes yang memiliki diabetes tipe 1. Jika Anda berisiko diabetes tipe 2, dapat dicegah dengan penurunan berat badan sekitar (10-15 Kg) dan 30 menit aktivitas olah raga fisik sederhana (seperti jalan cepat) setiap hari. (Sumber http://www.who.int/features/factfiles/diabetes/10_en.html)

Berikut ini 10 fakta unik penyakit deabetes yang perlu kita ketahui :
1.Ada epidemi diabetes global yang muncul yang bisa ditelusuri kembali dengan cara mengetahui peningkatan berat badan yang berlebihan, seperti obesitas.

2. Jumlah kematian akibat diabetes diproyeksikan meningkat lebih dari 50% dalam 10 tahun ke depan. Terutama, yang diproyeksikan meningkat terkena penyakit Deabetes lebih dari 80% di negara berpenghasilan menengah ke atas.

3. Diabetes tipe 1 ditandai dengan kurangnya produksi insulin pada tubuh dan diabetes tipe 2 akibat penggunaan insulin yang tidak efektif oleh tubuh.

4. Diabetes tipe 2 jauh lebih umum daripada diabetes tipe 1, dan menyumbang sekitar 90% dari semua diabetes di seluruh dunia.

5. Laporan diabetes tipe 2 pada anak-anak - yang sebelumnya sangat jarang – namun kini, telah meningkat di seluruh dunia. Di beberapa negara, ini mencakup hampir setengah dari kasus yang baru-baru saja  didiagnosis pada anak-anak dan remaja.

6. Jenis ketiga diabetes adalah diabetes gestasional. Jenis ini ditandai dengan hiperglikemia, atau kenaikan gula darah, yang pertama kali diketahui saat hamil.

7. Pada tahun 2005, 1,1 juta orang meninggal karena diabetes. Dampak penuhnya jauh lebih besar, karena meski orang bisa hidup bertahun-tahun dengan diabetes, penyebab kematian mereka sering tercatat sebagai penyakit jantung atau gagal ginjal.

8. 80% kematian akibat penyakit diabetes, sekarang ini terjadi di negara berpenghasilan rendah dan menengah.

9. Kurangnya kesadaran tentang diabetes, dikombinasikan dengan akses terhadap layanan kesehatan yang tidak mencukupi, dapat menyebabkan komplikasi seperti kebutaan, amputasi dan gagal ginjal.

10. Diabetes bisa dicegah. Tiga puluh menit aktivitas fisik sederhana yang intensif setiap harinya dan mengkonsumsi makanan sehat dapat secara drastis mengurangi risiko diabetes tipe 2.

4 Responses to " 10. Fakta Tentang Deabetes Militus "

  1. Thanks Infonya gan,,nambah ilmu,,

    ReplyDelete
  2. waduh baru tau kalo diabetes banyak jenisnya gini gan

    ReplyDelete
  3. ternyata seperti itu seramnya diabetes.

    ReplyDelete
  4. Inti utamanya penyebab diabetes memang makanan jadi pola makan yang terjaga adalah obat utamanya

    ReplyDelete