10 FAKTA UNIK TENTANG KESEHATAN


Sumber : Infomuslim.co.id
Dengan studi reguler yang dipublikasikan mengenai kesehatan dan kebugaran, sulit untuk mengikuti semua informasi di luar sana. Beberapa temuan mengulangi saran kesehatan yang sudah ada selama bertahun-tahun, namun ada pula yang sedikit lebih mengejutkan. Lihatlah 10 fakta kesehatan yang mungkin mengejutkan Anda.

1. Minum kopi bisa mencegah depresi
Kita mendengar banyak tentang efek negatif dari kafein terhadap kesehatan, namun ternyata kafein juga memiliki nilai yang sangat baik. Penelitian dari Harvard School of Public Health menemukan bahwa wanita yang minum minimal empat cangkir kopi per hari dapat menurunkan risiko depresi hingga 20 persen. Penelitian sebelumnya juga menemukan bahwa wanita yang meminum dua atau lebih cangkir per hari cenderung tidak melakukan bunuh diri.

2. Permen karet membuat Anda lebih Terjaga
Jika Anda menderita kemerosotan siang hari atau sepertinya tidak bisa berkonsentrasi di pagi hari, maka cobalah mengunyah permen karet untuk membuat Anda merasa terjaga. Peneliti Universitas Coventry menemukan bahwa mengunyah permen karet rasa mint secara dramatis mengurangi perasaan lelah. Studi lain mengenai masalah ini menemukan bahwa permen karet dapat meningkatkan skor tes dan memori keseluruhan sebesar 35 persen, menghilangkan stres dan mengurangi tingkat kecemasan.

3. Duduk di meja kerja bisa meningkatkan risiko kematian hampir 50 persen
Pekerja kantor berhati-hatilah, karena penelitian dari University of Sydney menemukan bahwa pekerja kantor yang duduk lebih lama dari 10 jam sehari di meja mereka memiliki 48 persen peningkatan risiko kematian, dibandingkan dengan orang-orang yang duduk kurang dari empat jam hari. Untuk mengatasi risiko kesehatan ini, cobalah untuk memperkenalkan lima menit aktivitas setiap jam dan pastikan Anda beristirahat sejenak dari stasiun kerja Anda. Perubahan sederhana seperti naik tangga bukan lift juga akan membuat perbedaan positif bagi kesehatan Anda.

4. Mesin ATM dan toilet umum Memiliki Tingkat Kekotoran yang sama
Penarikan uang dari mesin ATM adalah sesuatu yang mungkin kita lakukan secara teratur, tapi berapa banyak dari kita yang mencuci tangan setelah menggunakannya? Tes kebersihan yang dilakukan di Inggris menemukan bahwa mesin ATM sama kotornya dengan toilet. Spesialis menyelidiki swabs yang diambil dari keyboard mesin kas dan dari toilet umum di dekatnya dan menemukan kedua sampel memiliki bakteri yang sama yang diketahui menyebabkan penyakit.

5. Jika Anda seorang yang berfikir optimis, itu bisa membantu Anda hidup lebih lama
Menurut sebuah studi dari Duke University Medical Center, pasien jantung yang lebih optimis tentang pengobatan mereka, sebenarnya hidup lebih lama dari mereka yang lebih pesimis dalam pola pikir mereka. Juga, menurut temuan sebuah penelitian yang diterbitkan di European Heart Journal, orang-orang yang optimis memiliki sedikit kesempatan untuk menderita penyakit jantung.

6. Bau apel untuk mencegah klaustrofobia
Mengkonsumsi buah apel secara rutin dapat membuat daya tahan tubuh kita tetap terjaga, dan apel  juga bisa membantu klaustrofobia. dimana wangi apel hijau akan menghilangkan stres yang terkait dengan ruang tertutup. menurut penelitian dari Smell and Taste Treatment and Research Foundation. Menghirup apel hijau, juga bisa mencegah sakit kepala dan migrain. Bahkan beberapa pemilik rumah menggunakan wangi apel hjiau untuk membuat rumah mereka tampak lebih segar dan harum serta dapat memikat pembeli potensial mereka.

7. Jika Anda lelah ... berolahragalah
Setelah seharian bekerja, pergi ke gym mungkin adalah list terakhir dalam daftar prioritas Anda, namun penelitian terbaru telah menemukan bahwa berolahraga benar-benar memberi Anda lebih banyak energi. Sebuah studi yang diterbitkan di Medicine and Science in Sports and Exercise menemukan bahwa tingkat kelelahan dan depresi membaik setelah sesi latihan selama 30 menit. Hal ini karena olahraga meningkatkan kesehatan kardiovaskular Anda yang berarti lebih banyak darah dan oksigen mengalir ke seluruh tubuh, sehingga memberi Anda lebih banyak energi.

8. Sit-up tidak akan memberi Anda perut yang rata
Banyak orang jatuh ke dalam perangkap berpikir bahwa mereka bisa mencapai perut yang rata dengan melakukan sit-up. Tapi kenyataannya, jumlah sit-up yang tak ada habisnya tidak akan memberi Anda perut impian Anda - karena latihan ini hanya bekerja pada abs Anda, bukan otot inti Anda. Satu studi yang diterbitkan dalam Journal of Strength and Conditioning Research menemukan latihan enam minggu selama latihan perut saja tidak cukup untuk mengurangi lemak perut.

9. Tulisan tangan bisa membantu ingatan anda
Penelitian dari Universitas Indiana menemukan bahwa untuk mengingat sesuatu, Anda harus menulis catatan, daripada mengetikkannya. Menulis dianggap meningkatkan ingatan Anda karena mencatat dengan tangan membutuhkan proses kognitif yang berbeda-beda daripada mengetik. Misalnya, jika dalam ceramah Anda menulis catatan, Anda harus mendengarkan dengan saksama ucapan pembicara karena tidak mungkin menuliskan setiap kata. Oleh karena itu melalui proses ini, Anda mendengarkan, mencerna dan meringkas informasi lebih efektif daripada seseorang yang hanya mengetik kata-kata ke laptop.

10. Untuk mendinginkan tubuh, minumlah sesuatu yang panas

Mungkin terdengar sangat kontraproduktif, tapi kalau mau mendinginkan tubuh, minumlah sesuatu yang panas. Menurut sebuah studi dari University of Ottawa's School of Human Kinetics, karena minumannya lebih panas dari suhu tubuh Anda, ini memicu respons keringat di tubuh yang lebih banyak. Jadi meskipun pada awalnya mungkin membuat Anda merasa lebih panas, minuman panas akan menyebabkan Anda berkeringat lebih banyak dan oleh karena itu tubuh secara efektif mendinginkan diri lebih cepat..

1 Response to " 10 FAKTA UNIK TENTANG KESEHATAN "