10. Fakta Unik Tentang Penyakit TBC


Sumber : PesanLab.com
(CNN) Berikut adalah beberapa informasi mengenai Tuberkulosis (juga dikenal sebagai TBC), sebuah infeksi, yang disebabkan oleh bakteri yang disebut Mycobacterium tuberculosis, yang terutama menyerang paru-paru. Hal ini juga dapat menginfeksi bagian lain dari tubuh termasuk ginjal, tulang belakang maupun otak.
Perlu Kita Ketahui bersama, ada dua jenis TBC. Infeksi TBC laten (yang tidak menular) dan penyakit TBC (yang menular).
Infeksi TBC laten:
a.   Seseorang yang terinfeksi TBC laten tidak menunjukkan gejala dan mungkin tidak merasa sakit.
b.   Tes kulit atau darah akan menunjukkan apakah seseorang telah terinfeksi bakteri.
c.   Tidak mungkin menyebarkan bakteri TBC dari orang yang terinfeksi ke orang lain.
d.   Bakteri TBC dapat tetap tidak aktif dan mati dengan perawatan yang tepat, atau menjadi aktif dan menyebabkan penyakit TBC aktif.
e.   Pengobatan diperlukan untuk memastikan orang yang terinfeksi tidak mengembangkan penyakit TBC aktif.
f.    Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, lima sampai 10% populasi dunia yang terinfeksi dengan infeksi TBC laten akan mengembangkan penyakit TBC aktif.

Nah teman-teman 10 fakta unik. Berikut ini 10 fakta yang perlu kita ketahui tentang penyakit TBC, agar kita bisa lebih berjaga-jaga lagi untuk kesehatan tubuh kita:
1. HIV / AIDS, TBC dan malaria membunuh 6 juta orang setiap tahunnya; Hampir 2 juta kematian disebabkan oleh TBC
2. TBC dapat disembuhkan,Namun, setiap hari membunuh 5000 orang.
3. TBC adalah penyakit kemiskinan; Hampir semua kematian yang disebabkan TBC terjadi di negara-negara miskin dan berkembang, yang mempengaruhi sebagian besar orang dewasa maupun muda di umur paling produktif mereka. TBC terutama menyerang orang yang paling rentan, seperti yang paling miskin dan kurang gizi
4. TBC adalah pembunuh utama di antara orang yang terinfeksi HIV dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah; Seperempat juta kematian TBC berhubungan dengan HIV - kebanyakan di Afrika
5. Kejadian TBC global masih terus meningkat 1% setiap tahun karena pesatnya peningkatan di Afrika; Upaya pengendalian yang ketat membantu timbulnya insiden atau ketidak stabil di daerah lain.
6. 2 miliar orang - sepertiga populasi dunia - terinfeksi TBC bacilli, mikroba yang menyebabkan TBC. 1 dari 10 orang terinfeksi TBC bacilli akan menjadi sakit TBC aktif seumur hidup; Orang dengan HIV berada pada risiko yang jauh lebih besar.
7.TBC sangat menular dan menyebar melalui udara; Jika tidak diobati, setiap orang dengan TBC aktif menginfeksi rata-rata 10 sampai 15 orang setiap tahunnya.
8. TBC adalah pandemi di seluruh dunia; Meskipun tingkat tertinggi per kapita berada di Afrika (29% dari semua kasus TBC), setengah dari semua kasus TBC, ada di 6 negara Asia yaitu : Bangladesh, China, India, Indonesia, Pakistan dan Filipina
9. Hampir 9 juta kasus TBC baru terjadi di tahun 2004 - 80% di antara 22 negara
10. TBC yang resistan terhadap multidrug (MDR-TBC) adalah bentuk TBC yang tidak menanggapi pengobatan standar. MDR-TBC hadir di hampir semua 109 negara yang baru-baru ini disurvei oleh WHO dan mitra

(Sumber http://www.who.int/features/factfiles/tuberculosis/10_en.html)

0 Response to " 10. Fakta Unik Tentang Penyakit TBC "