10 Fakta Menarik Tentang Piramida yang perlu Kamu Ketahui


piramida Sumber : Google.com
Meskipun piramida telah dibangun oleh peradaban di banyak bagian dunia termasuk China dan Mesoamerica, piramida yang dibangun di Mesir adalah yang paling terkenal. Piramida Mesir pertama adalah Piramid Djoser, yang dirancang untuk penguburan Djoser, seorang firaun ke-3 yang memerintah sekitar pertengahan abad ke-27 SM. Awalnya orang-orang Mesir membangun piramida dengan kesuksesan yang gemilah. Dimana keberhasilan pertama mereka dalam membangun piramida "yang sejati", dilakukan dengan pembangunan Piramida Merah di Dahshur. Bangunan piramida Mesir mencapai puncaknya pada masa pemerintahan Khufu dengan pembangunan Piramid Agung Giza sekitar tahun 2560 SM. Piramid Mesir yang terakhir dikenal adalah Piramida Ahmose, dibangun pada paruh pertama abad ke-16 SM. Karena kemiripan dan kemegahan piramida Mesir, terutama tiga piramida utama di Giza, ada banyak teori mengenai metode tujuan dan konstruksi piramida di bangun, namun teori-teori tersebut belum ada yang telah ditetapkan dengan pasti.
Oleh karenanya bagi pembaca yang budiman, Berikut adalah 10 fakta menarik tentang piramida Mesir Kuno.

 1 Apakah Piramida Mesir dibangun untuk dijadikan makam kerajaan firaun?
makam firaun : www.google.com
Meskipun ada beberapa pandangan umum yang menyatakan, bahwa piramida adalah makam kerajaan, namun sampai sekarang tidak pernah ada mumi Firaun yang ditemukan di dalam piramida. Hal ini menyebabkan beberapa orang mempertanyakan tujuan pembangunan sebuah piramida. Namun dalam dibeberapa sumber lain menjabarkan, ada bukti substansial yang menunjukkan bahwa piramida dibangun untuk fungsi kamar mayat. Hal ini dibuktikan dengan adanya sarkofagus atau peti mati batu dalam piramida; tulisan substansial yang terdapat di piramida menjelaskan bagaimana firaun akan menghidupkan kembali tubuhnya setelah kematian dan naik ke langit.
Saat ini arkeolog telah menemukan ada beberapa mumi yang bagian dari tubuhnya tidak utuh. Tidak adanya bagian yang utuh biasanya dideskripsikan sebagai konsekuensi perampokan makam karena artefak mahal seperti perhiasan emas sering dikubur bersama mumi. Piramida itu adalah kuburan yang dianggap tak terbantahkan tapi beberapa, termasuk ahli kimia terkemuka Mesir Miroslav Verner, menyatakan bahwa, "Menganggap bahwa fungsi piramida hanya sebagai makam kerajaan akan menjadi penyederhanaan yang berlebihan."

2 Bentuk piramida Kemungkinan Besar Terinspirasi dari Gunung Benben.
benben stone : google.com
Menurut mitos penciptaan Mesir Kuno, sebuah bukit bernama Benben muncul dari perairan dan Atum, Tuhan yang pertama, terbatuk dan meludahkan Shu, dewa udara, dan Tefnut, dewi kelembaban; Dengan demikian dimulailah penciptaan dunia. Batu Benben, batu berbentuk kerucut, dihormati di kuil kota Heliopolis, pusat keagamaan utama Mesir Kuno selama Zaman Piramida. Piramidion adalah bagian paling atas atau batu penjuru dari piramida Mesir. Benben Stone berbentuk piramida, adalah dasar untuk desain piramida dan mungkin juga untuk desain piramida Mesir yang sangat monumental. Banyak ahli Mesir mengklaim bahwa Benben Stone adalah simbol dari matahari sebagai Jelmaan Atum dan dikaitkan dengan dewa matahari Ra; sementara yang lain menganggapnya sebagai simbolis 'bintang-jiwa' Osiris, dewa kematian.

3 Piramida pertama di Mesir adalah Piramid Djoser
Piramida Djoser : google.com
Orang-orang Mesir Kuno awalnya menguburkan mayat mereka di kuburan lubang bersama barang-barang yang diyakini dapat membantu mereka di alam baka. Struktur makam pertama yang mereka bangun adalah mastaba. Pertama kali digunakan pada Periode Dinamika Awal (sekitar 3150 SM - 2686 SM), sebuah mastaba adalah struktur persegi panjang yang datar dan persegi dengan sisi miring ke dalam, yang dibangun dari batu bata atau batu lumpur. Arsitek Mesir Imhotep biasanya dicatat sebagai orang yang pertama merancang struktur dengan menumpuk mastabas di atas satu sama lain, menghasilkan piramida langkah. Piramida Mesir pertama adalah Piramid Djoser, yang dibangun di Saqqara pada abad ke-27 SM. Ini dirancang oleh Imhotep untuk pemakaman Firaun Djoser dari Dinasti Ketiga (2686 - 2613 SM) dan terdiri dari enam mastabas yang dibangun di atas satu sama lain.

4 Pemerintahan Sneferu Membuat evolusi Pertama dalam Konstruksi Piramida yang Mereka Sebut Sebagai piramida "sejati" .

Piramida Snefaru : google.com
Selama masa pemerintahan Sneferu, firaun pertama Dinasti Keempat (sekitar 2613 - 2494 SM), ada inovasi besar dalam perancangan dan konstruksi piramida. Setidaknya 3 piramida dibangun. Yang pertama, piramida Meidum, mewakili bentuk peralihan antara piramida sisi-sisi dan sisi halus. Hal Ini awalnya dipahami sebagai struktur tujuh sisi namun telah di modifikasi kemudian dilakukan penambahan platform-platform lainnya. Perpanjangan kedua piramida mengubah desain asli menjadi piramida yang halus dengan mengisi sisi-sisinya dengan pembatas batu kapur. Piramida kedua Sneferu,  yang bernama Piramida Bent, menunjukkan tingkat inovasi arsitektural yang lebih besar dan lebih mendekati piramida sisi yang halus. Namun, pembangunan piramida tersebut berada di atas tanah pada kemiringan 54 derajat serta bagian atasnya dibangun pada sudut dangkal 43 derajat, hal ini memberikan kesan yang agak aneh pada piramida dengan penampilannya yang membungkuk. Piramida Merah, yang ketiga dan terbesar dari tiga piramida Sneferu, dibangun pada sudut konstan 43 derajat dan merupakan kesuksesan pertama dalam membangun piramida "yang sejati" di Mesir kala itu.
5 Bangunan piramida Mesir mencapai puncaknya dengan Piramida Agung Giza
Piramid Giza : Google.com
Sneferu digantikan oleh Khufu, dianggap sebagai anaknya oleh kebanyakan ahli ilmu Mesir. Bangunan piramida Mesir mencapai puncaknya pada masa pemerintahan Khufu, anaknya Khafre dan cucunya Menkaure. Ketiga fir'aun Dinasti Keempat ini membangun tiga piramida terkenal di Dataran Tinggi Giza di pinggiran kota Kairo. Piramida Khufu atau Piramida Agung Giza adalah piramida Mesir terbesar; Dan yang tertua dan satu-satunya dari Tujuh Keajaiban Dunia Kuno yang masih ada. Piramida Khafre, meski lebih kecil dari Piramida Agung Giza, dibangun di ketinggian yang lebih tinggi dan dikelilingi oleh kompleks yang lebih rumit yang berisi Sphinx Agung Giza. sedangkanPiramida Menkaure, adalah yang terkecil dari ketiga piramida tersebut sekitar sepersepuluh seukuran Khafre's.

6 The Great Pyramid adalah struktur tertinggi di dunia selama lebih dari 3800 tahun

Katedral lincoln : google.com
Piramid Agung Giza adalah struktur bangunan buatan manusia tertinggi di dunia selama lebih dari 3.800 tahun sampai Katedral Lincoln setinggi 160 meter selesai sekitar tahun 1300 M. Piramid Agung awalnya berdiri di ketinggian 146,5 meter namun karena erosi dan ketiadaan batu paling atas, tinggi sekarang adalah 138,8 meter. Massanya diperkirakan 5,9 juta ton sementara volumenya sekitar 2.500.000 meter kubik. Berdasarkan perkiraan periode konstruksinya selama 20 tahun, yaitu melibatkan pemindahan rata-rata balok batu dari 12 hampir 2.3 juta balok ke tempat konstruksinya setiap jam, dan diperkirakan pembangunan dilakukan siang dan malam. Keakuratan pengerjaan piramida sedemikian rupa sehingga keempat sisi dasar memiliki rata-rata kesalahan hanya 58 milimeter. Rasio perimeter terhadap tinggi setara dengan 2π terhadap akurasi lebih baik dari 0,05%; Yang telah menyebabkan banyak perdebatan antara para Egyptologists. Beberapa ahli Mesir termasuk Robert Bauval dan Graham Hancock, percaya bahwa ketiga piramida Giza dibangun oleh orang Mesir mengingat posisi relatif dari tiga bintang di rasi Orion. Namun ahli Egyptologists terkemuka, menolak teori ini.

7. Periode Kerajaan Lama Mesir Kuno dikenal sebagai Zaman Piramida

Mesir Kuno : Google.com
Piramida terus dibangun sepanjang Dinasti Kelima (2494 - 2345 SM) dan Keenam (2345 - 2181 SM). Namun kualitas dan skala konstruksinya menurun. Piramida pada umumnya berukuran lebih kecil, kurang kokoh dan sering tergesa-gesa dalam pembangunannya. Hal ini disebabkan mulai menurunya kemampuan dan kemauan memanfaatkan sumber daya Mesir untuk pembangunan proyek-proyek yang sangat besar.
Pembuat piramida besar terakhir adalah Pepi II Neferkare (2284 SM - 2247 SM), firaun terakhir dari dinasti keenam. Beberapa dekade setelah kematiannya, Mesir memasuki fase turbulensi kekuasaan yang dikenal sebagai Periode Intermediate Pertama dimana piramida jarang sekali dibangun. Dinasti III, IV, V dan VI bersama-sama dikenal sebagai Kerajaan Lama, yang sering digambarkan sebagai Zaman Piramida.

8 Piramida Mesir yang terakhir dikenal adalah Piramida Ahmose

Raja-raja Dinasti Kedua belas (sekitar 2050 SM - 1800 SM) kembali berinisiatif membangun piramida namun tidak pernah dalam skala yang sama. Mereka menggunakan metode bangunan yang lebih murah dan oleh kareanya, banyak piramida ini terbuat dari batu bata lumpur bukan balok batu. Makanya piramida ini kemudian tak mampu bertahan terhadap ujian waktu dan pada kondisi bangunanya terlihat seperti benjolan besar saat ini, meski struktur interiornya kerap masih utuh. Setelah Dinasti Kedua Belas, piramida jarang dibangun dan firaun akhirnya menggunakan makam bawah tanah yang tersembunyi di tempat-tempat seperti Lembah Para Raja. Piramid Mesir yang terakhir diketahui adalah Piramid Ahmose. Ini dibangun untuk pendiri Dinasti Ke delapan belas, Ahmose I, yang memerintah dari sekitar tahun 1549 SM sampai 1524 SM. Sampai saat ini, ada 138 piramid terkenal di Mesir dan masih banyak lagi yang belum bisa ditemukan.

9 Pekerja konstruksi piramida diberi makan dengan baik dan diberi keringanan pajak

pekerja piramida : google.com
Firaun Mesir biasanya mulai membangun piramida mereka, ketika mereka naik takhta dan menunjuk seorang pejabat tinggi untuk mengawasi konstruksi. Keyakinan bahwa budak dipaksa untuk membangun piramida adalah opini yang tidak benar. Para petani yang bekerja di piramida diberi keringanan pajak dan diberi tempat tinggal, makanan dan pakaian di lokasi konstruksi. Diperkirakan bahwa rata-rata 4.000 pon daging diberikan kepada pekerja Piramida Agung Giza. Untuk memindahkan batu-batu itu, orang-orang Mesir menggunakan kereta luncur besar yang bisa didorong atau ditarik oleh gerombolan pekerja. Pasir di depan kereta luncur itu mungkin dibasahi dengan air untuk mengurangi gesekan. Hal ini dapat mengurangi tenaga kerja yang dibutuhkan untuk menggerakkan satu setengah blok. Ketika batu-batu itu sampai di piramida, sebuah sistem landai mungkin digunakan untuk mengangkat batu-batu itu ke atas. Namun sedikit bukti dari landai ini bertahan dan tidak diketahui bagaimana mesin landai ini dirancang. Masih ada penelitian tentang teknik konstruksi yang digunakan orang Mesir untuk membangun piramida mereka yang sangat mengesankan.

10 Piramida Mesir di Bangun tepat sejajar dengan Arah Utara


Piramida Mesir dibangun di tepi barat sungai Nil. Sebagai lokasi tempat matahari terbenam, hal itu terkait dengan alam orang mati dalam mitologi mereka. Inti piramida seringkali terdiri dari batu kapur lokal. Lapisan luarnya terbuat dari batu kapur putih yang dipoles dan dibuat sangat reflektif, untuk memberi mereka penampilan cemerlang bila dilihat dari kejauhan. Batu penjuru piramida biasanya terbuat dari granit atau basalt dan sering dilapisi dengan emas, perak atau electrum (paduan emas dan perak). Hal ini membuat batu penjuru sangat kemilau di bawah sinar matahari yang cerah. Orang-orang Mesir memiliki kemampuan untuk menyelaraskan struktur ke arah utara dengan benar  dan tepat, sesuatu yang mungkin membantu dalam merencanakan piramida. Piramida Agung giza juga dirancang tepat sejajar dengan arah utara dalam sepersepuluh derajat. nah Bagaimana bisa orang Mesir mencapai akurasi setepat itu. Dan sampai sekarang belum ada informasi ilmiyah yang menjelaskannya.

10 Responses to " 10 Fakta Menarik Tentang Piramida yang perlu Kamu Ketahui "

  1. thanks gan jadi tambah ilmu sekarang tentang piramida... keep blogging :D

    ReplyDelete
  2. Thanks gan jadi tambah ilmu nih saya, setelah baca nih artikel saya jadi tahu klo Piramida itu bangunan tertinggi zaman dulu.

    ReplyDelete
  3. artikel bermanfaat, sangat informatif dan bagus untuk menambah pengetahuan

    ReplyDelete
  4. Bari tai malahan gan buat nambah wawasan lah

    ReplyDelete
  5. jadi tambah ilmu ni gan :) sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  6. Tapi kalau difilm2 itu kesanya pembangjnan pyramid seperti kerja rodi ya gan

    ReplyDelete
  7. kerenn nambah ilmu sejarah nih tentang piramida

    ReplyDelete