10 Penyakit Penyebab Kematian pada Pria


sumber : google.com
Menurut hitungan biologis, Pria memiliki harapan hidup lebih pendek daripada wanita. Cepat ataupun lambat semua kita pasti akan menuju kematian, ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk menjalani kehidupan yang lebih lama dan lebih sehat, serta dapat meningkatkan kualitas hidup kita dan kehidupan keluarga kita secara keseluruhan.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC)yang berpusat di Amerika., pada tahun 2003 lebih dari satu juta orang Amerika meninggal karena penyakit jantung atau kalau kita buat skalanya satu dari dari sembilan orang meninggal di amerika disebabkan oleh penyakit jantung. Perlu kita ketahui juga penyakit jantung tersebut penyebab 80 persen dari semua kematian pria pada tahun itu.biasanya penyakit ini lebih sering menyerang pria dibandingkan wanita. Untungnya, banyak penyebab penyakit-penyakit ini bisa dicegah, terkhusus kaum pria dapat mengambil langkah untuk menghindarinya dengan cara mengetahui gejalanya, antara lain, dengan melakukan pemeriksaan rutin ke  dokter ataupun penyedia layanan kesehatan dan dengan melakukan langkah-langkah untuk menjalani kehidupan yang lebih sehat.
Berikut ini 10faktaunik menyajikan 10 penyakit yang menyebabkan kematian pada pria, antara lain adalah :

Nomor 1 - Penyakit Jantung

Sumber : google.com
Seperti yang sedikit kita jelaskan diatas, Penyakit jantung adalah istilah yang mencakup banyak kondisi jantung secara spesifik. Menurut Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Amerika Seerikat(CDC), mereka menjelaskan penyakit arteri koroner (CAD), adalah penyakit jantung yang paling umum di Amerika Serikat. Kondisi jantung lainnya meliputi nyeri dada yang dikenal dengan angina, gagal jantung dan denyut jantung tidak teratur atau yang sering dikenal sebagai aritmia.

Penjelasan sederhana Penyakit Arteri Koroner (CAD)

CAD berkembang saat arteri yang memasok darah ke otot jantung mengalami pengerasan dan menyempit disebabkan oleh penumpukan lemak. Karena penumpukan lemak tersebut mengurangi aliran darah yang membawa oksigen ke jantung. Hal inilah yang bisa menyebabkan serangan jantung pada manusia.
Statistik
Karena pria biasanya mengalami penyakit jantung 10 sampai 15 tahun lebih awal dari wanita, pria lebih mungkin meninggal di saat  usia yang masih sangat prima. (American Heart Association). Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian pada pria dan wanita.
Hampir 700.000 orang meninggal karena penyakit jantung setiap tahunnya - setara dengan 29 persen kematian penduduk Amerika Serikat. (CDC)
Sekitar seperempat dari semua kematian terkait penyakit jantung terjadi pada pria yang berusia 35 sampai 65 tahun. (CDC)
Menurut data American Heart Association Pada tahun 2004, penyakit jantung menjadi penyebab kematian bagi 410.628 laki-laki.

Gejala Serangan Jantung
Menurut National Heart Attack Alert Program, gejala utama serangan jantung meliputi:
a.       Ketidaknyamanan di dada: Ketidaknyamanan ini biasanya di bagian tengah dada dan bisa berlangsung selama beberapa menit atau datang dalam waktu yang gelombang. Bisa terasa seperti tekanan yang tidak nyaman, paru-paru terasa seperti diremas, serta rasa sakit disekitaran dada.
b.      Ketidaknyamanan Tubuh Bagian Atas: Ini bisa termasuk rasa sakit atau ketidaknyamanan pada salah satu atau kedua lengan, punggung, leher, rahang atau perut.
c.       Sesak Napas: Ini mungkin terjadi sebelum atau bersamaan dengan ketidaknyamanan dada.
d.      Lain-lain: Beberapa orang mungkin berkeringat dingin, merasa mual atau pusing.

Pencegahan
Beberapa kondisi kesehatan bisa menyebabkan serangan jantung. Kondisi ini termasuk kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi dan diabetes. Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan risiko serangan jantung.
Mengobati kolesterol darah tinggi dengan mengonsumsi makanan rendah lemak jenuh serta mengkonsumsi makanan yang berserat tinggi, menjaga berat badan agar tetap ideal, seerta berolahraga secara teratur. Kontrol tekanan darah tinggi dengan diet sehat, berolahraga teratur, tidak merokok dan menjaga berat badan yang sehat. Jika setelah melakukan semua ini, Anda masih memiliki tekanan darah tinggi, diskusikan dengan dokter pilihan  Anda mengenai obat-obatan yang tepat untuk digunakan.
Jika Anda menderita diabetes, pastikan untuk menjaga kadar gula darah agar tetap terkendali. Pada umumnya Penderita diabetes memiliki risiko penyakit jantung yang tinggi.
Berhenti merokok dan berhenti meminum minuman keras. Konsumsi merokok dan konsumsi alkohol berlebihan sangat mempengaruhi tekanan darah tinggi anda, dan lama-kelamaan akan menyebabkan penyakit jantung dan stroke.

Penyakit Nomor 2 - kanker

sumber : google.com
Menurut Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit yang berpusat di Amerika Serikat (CDC) penyebab utama kematian akibat kanker pada pria adalah kanker paru-paru, kanker prostat dan kanker kolorektal.

Menurut Statistik
Pada tahun 2003, hampir 288.000 orang meninggal karena kanker di A.S., penyebab kematian terbanyak nomor kedua untuk semua jenis kelamin. (CDC)
Kanker paru-paru adalah penyebab paling umum kematian pria dan wanita. (CDC)
Sembilan puluh persen kanker paru-paru disebabkan oleh orang yang merokok. (CDC)
Pada tahun 2003, 89.964 orang meninggal karena kanker paru-paru. (CDC)

Gejala yang disebabkan

Kanker paru-paru
Ketika diperiksa oleh dokter Hampir seperempat orang yang terjangkit dengan kanker paru-paru, pada awalnya  tidak merasakan gejala apa-apa bahwa mereka telah terkena penyakit tersebut. Sementara gejala kanker tersebut sangat bervariasi, CDC mencantumkan hal berikut sebagai gejala umum antara lain:

Sesak napas
Batuk terus-menerus, Mengi, Batuk darah, Sakit dada, Demam, Penurunan berat badan.

Pencegahan yang harus dilakukan
Sementara ada beberapa orang yang tidak pernah merokok malah terkena kanker paru-paru, tapi sebagian besar dari mereka yang terkena kanker paru-paru adalah mereka yang perokok aktif.
Salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk kesehatan Anda adalah berhenti merokok. http://www.idph.state.il.us/smokefree/sf_quit.htm

 Kanker prostat

 
sumber : google.com
Yayasan Kanker Prostat mencantumkan gejala berikut:
sering buang air kecil, terutama di malam hari.
Ada kerasa Kesulitan saat buang air kecil atau menahan air kencing.
Aliran urine yang lemah dan terganggu.
Menyakitkan seperti terasa terbakar buang air kecil.
Kesulitan dalam ereksi.
Saat Ejakulasi terasa menyakitkan.
Keluar Darah dalam air seni atau air mani.
Sering sakit atau kaku di punggung bagian bawah pinggul, atau paha bagian atas.

Pencegahan
Sementara mencegah kanker prostat tidak mungkin dilakukan, oleh karena itu datanglah ke rumah sakit, dengan deteksi dini tersebut bisa menyelamatkan nyawa anda. Diskusikan dengan dokter Anda apakah Anda harus memiliki riwayat kanker prostat, kalau iya segera deteksi gejala-gejala di atas.

Kanker kolorektal
Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit A.S. Banyak penderita kanker usus besar tidak memiliki gejala pada tahap awal. Adapun tanda dan gejalanya lebih dini harus kita ketahui antara lain :
Perubahan kebiasaan buang air besar, termasuk diare atau konstipasi atau perubahan konsistensi tinja selama lebih dari beberapa minggu. Pendarahan rektum atau ada darah di tinja Anda. Merasakan Ketidaknyamanan perut terus-menerus, seperti kram, bergas atau nyeri. Perut terasa nyeri saat  buang air besar.

Bagaimana mencegahnya?
Sementara kanker usus besar juga tidak bisa dicegah, lakukan deteksi dini, hal ini akan menyelamatkan nyawa anda. Mulailah menjaga kesehatan dan menkonsumsi makanan yang sehat dan menyehatkan.

Kanker testis
Sumber : Google.com
Kanker testis terjadi lebih sering pada pria muda (usia 20 sampai 54). Menurut American Cancer Society, tanda umum kanker testis meliputi:
Benjolan (terjadi banyak benjolah)
Pembengkakan terjadi diarea  kemaluan
Adanya Rasa sakit di derah kemaluan
Adapun, Keseluruhan Pencegahan Kanker antara lain :
Lakukan pemeriksaan kesehatan preventif secara rutin.
Berhenti merokok dan hindari asap rokok dan produk tembakau lainnya.
Konsumsilah makanan yang beragam dan sehat yang kaya buah dan sayuran.
Pertahankan berat badan dan olahraga yang sehat secara teratur.
Batasi paparan sinar matahari dan gunakan tabir surya.
Hindari minum alkohol.
Sadar akan potensi zat penyebab kanker (karsinogen) di rumah dan tempat kerja Anda, dan lakukan langkah-langkah untuk mengurangi keterkaitan Anda terhadap zat ini.

Ketahui dan tinjau riwayat kesehatan keluarga Anda.

Penyakit ke tiga sampai dengan sepuluh insyaAllah akan menyusul

6 Responses to " 10 Penyakit Penyebab Kematian pada Pria "

  1. Ngeri juga ya ternyata. thank gan infonya.

    ReplyDelete
  2. Takut... berusaha ngelepas rokok dari yayang ah biar ga kanker paru

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah saya tidak merokok...
    Indonesia Tanpa Asap Rokok Siapa yang setuju!!

    ReplyDelete